Home Berita Pencabutan Moratorium Reklamasi “Sarat Nuansa Politis” Jelang Pelantikan Gubernur Baru???

Pencabutan Moratorium Reklamasi “Sarat Nuansa Politis” Jelang Pelantikan Gubernur Baru???

0
SHARE

Rakyat Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai pemerintah terburu-buru dalam keputusan mencabut moratorium reklamasi Teluk Jakarta. “Ada kesan keterburu-buruan saya lihat. Ini masyarakat, publik umumnya melihat masih panas suasana. Masih ada tanda tanya besar belum terjawab, misalnya masalah amdal dan sebagainya,” jelas politisi PKS Tifatul Sembiring di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (11/10).

Menurutnya, pemerintah juga belum punya solusi untuk nelayan yang selama ini mencari nafkah di wilayah pesisir Jakarta. Serta bagaimana mengatasi banjir jika pembangunan 17 pulau buatan tetap dilanjutkan.

“Yang ini masih jadi tanda tanya besar di moratorium. Kalau menurut saya ini kental perdebatan masih di publik,” kata Tifatul.

Dia pun tridak menampik jika keputusan yang diambil pemerintah pusat itu bernuansa politis. Karena pasangan gubernur DKI Jakarta terpilih menolak proyek reklamasi. Untuk itu, Tifatul meminta pemerintah pusat tidak lepas tangan dan memberikan tanggung jawab dampak proyek reklamasi kepada pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi).

“Jangan di akhir-akhir ini semacam fait accompli terhadap gubernur baru, sehingga gubernur baru tergigit lidah menghadapi publik. Dulu ada janji, sedangkan kewenangan tidak mutlak di Pemprov DKI,” tegasnya. [rmol]