Home Politik Nazaruddin Tuduh Fahri Hamzah Terlibat, Setnov: Saya Jamin 1.000 Persen Dia Tidak...

Nazaruddin Tuduh Fahri Hamzah Terlibat, Setnov: Saya Jamin 1.000 Persen Dia Tidak Melakukan

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Tudingan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin yang menyatakan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah terlibat dalam kasus dugaan korupsi, membuat terdakwa kasus proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) Setya Novanto muntab.

Terdakwa kasus korupsi mega korupsi e-KTP, saat ditemui sebelum menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat pada Kamis (22/2), justru mengungkapkan hal yang berlawanan, seperti yang dihimpun dari laman Detik.com.

“Sepengetahuan saya selama menjabat bersama Pak Fahri, Pak Fahri itu orangnya sangat lurus, tidak pernah mau hal-hal yang berkaitan dengan masalah uang yang bukan miliknya. Yang saya lihat, Pak Fahri orang bersih, jadi saya sesalkan juga kalau Saudara Nazaruddin menyampaikan demikian,” ujar Novanto.

Keyakinan Novanto tersebut beralasan. Karena menurutnya, Fahri memiliki gaya hidup sederhana. Hal tersebut ia lihat selama pengalamannya bekerja bersama Fahri di kursi puncak DPR. “Saya jamin 1.000 persen Pak Fahri tidak melakukan itu, 1.100 persen kalau Pak Fahri tidak melakukan itu,” tambahnya.

“Selama menjadi sama-sama dengan saya sebagai Wakil DPR, saya lihat kehidupannya hanya untuk bekerja dan bekerja, tidak pernah memikirkan uang, bahkan ada yang berupaya juga ke dia, dia nggak pernah mau dan selalu cerita pada saya,” tukas Setya Novanto.

Dengan alasan tersebut, menurut mantan Ketua DPR ini, tudingan bahwa Fahri Hamzah melakukan hal yang dituduhkan itu tidaklah benar. “Saya lihat kehidupannya sangat sederhana, semua kepentingannya hanya untuk bangsa-negara, kepentingan rakyat,” ujarnya lebih lanjut.

Seperti yang diketahui sebelumnya, nama Fahri Hamzah keluar dari mulut Nazaruddin ketika mendapat pertanyaan terkait proses asimilasi dirinya. Ia kemudian buka-bukaan soal niat membantu KPK, berlanjut ke persoalan Permai Group, kasus kepala daerah yang terlibat korupsi, hingga membahas Fahri Hamzah.

“Contohnya, saya akan segera menyerahkan berkas ke KPK tentang korupsi yang dilakukan Fahri Hamzah ketika dia Wakil Ketua Komisi III. Saya akan buktikan, kalau memang dia bersih dengan bukti yang saya ajukan, insyaallah bukti yang saya serahkan cukup membuat Fahri tersangka,” tuturnya.

Tak menyebutkan kasus yang ia bicarakan, Nazaruddin berkeras mengatakan dirinya menyimpan bukti kuat terkait keterlibatan Fahri yang ketika itu masih menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR. Dari bukti itu, Nazaruddin bisa membongkar detail jumlah dan waktu pemberian uang yang diterima Fahri.

Sementara Fahri Hamzah menolak menanggapinya. Ia justru balik menuduh Nazaruddin punya tujuan tersendiri. “Nazaruddin jangan dijawab, tapi diserang saja, sebab dia bawa pesan orang lain. Kalau saya ada kasus, kenapa 2018? Saya akan bongkar terus persekongkolan mereka,” tandas Fahri saat dikonfirmasi, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (19/2/2018). Loading…
suratkabar.id

Loading...