Home Politik Kasus Hoax, Fahri Hamzah dan Fadli Zon Dilaporkan ke Polisi

Kasus Hoax, Fahri Hamzah dan Fadli Zon Dilaporkan ke Polisi

0
SHARE


RAKYAT JAKARTAWakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah dan Fadli Zon dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena me-retweet berita salah satu media yang menyebut ketua Muslim Cyber Army (MCA) merupakan seorang Ahokers, sebutan bagi pendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Laporan tersbeut dilakukan oleh salah seorang warga negara Indonesia, Muhammad Rizki pada Senin (12/3/2018) dengan laporan nomor LP/1336/III/2016/PMJ/Dit.Reskrimsus.

Keduanya dianggap melanggar Pasal 28 Ayat 2 juncto Pasal 45 Ayat 2 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 Perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Infotmasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Muhammad Rizki merupakan keluarga dari Husin Shihab, salah satu pemilih akun Facebook yang dilaporkan Fadli Zon terkait dugaan penyebaran hoaks dan ujaran kebencian.

“Jadi sebetulnya Rizki ingin menunjukkan bahwa bukan Husin Shihab yang menjadi penyebar hoaks, tetapi Fadli Zon dan Fahri Hamzah pun melakukan hal yang sama,” kata Ketua Cyber Indonesia Muannas Aladis, dikutip dari Kompas, Senin (12/3/2018).

Sementara itu Muhammad Rizki menunjuk salah satu anggota Cyber Indonesia Muhammad Zakir Rasyidin sebagai kuasa hukumnya.

Zakir mengatakan, laporan yang dibuat Rizki didasarkan oleh unggahan di Twitter resmi milik Fahri Hamzah.

Dari web resmi @jawapos menemukan bahwa ketua MCA adalah Ahoker. Jadi maling teriak maling dan ngaku Muslim segala. Ayok @DivHumas_Polri selesaikan barang ini. Jangan mau merusak nama Polri dengan menyerang identitas agama.”

Zakir menambahkan bahwa media online tersebut telah mengucapkan permohonan maaf mereka dan meralat pemberitaannya.

“Tapi di sini FH (Fahri Hamzah) masih mempertahankan postingannya itu hingga sekarang,” ucapnya.

Fadli Zon juga ikut dilaporkan karena politisi Gerindra tersebut me-retweet postingan Fahri.

“Saya ingin mengklarifikasi, Pak Husin ini adalah saksi pelaporan hari ini. Beliau adalah orang yang dilaporkan FZ di Bareskrim. Katanya beliau diduga menyebarkan hoaks, padahal beliau me-retweet postingan di Twitter, posisinya juga sama dengan FZ. Kami laporkan karena FZ me-retweet sama dengan waktu FZ melaporkan Pak Husin,” terangnya. Loading…
suratkabar.id

Loading...