Home Politik Dukung Serangan AS ke Suriah, Arab Saudi dan Turki Sebut Itu Respons...

Dukung Serangan AS ke Suriah, Arab Saudi dan Turki Sebut Itu Respons Tepat

0
SHARE

RAKYAT JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi terang-terangan menyatakan dukungan penuh mereka atas serangan yang dilancarkan basis militer Amerika Serikat (AS) bersama sekutunya terhadap Suriah yang dilakukan pada Sabtu (14/4) kemarin.

Pemerintah Saudi, seperti yang dilansir dari laman Kompas.com, menilai bahwa serangan udara yang dilancarkan kubu AS merupakan tanggapan terhadap kekejaman rezim Bashar al-Assad terhadap warga sipil yang tak berdosa.

“Arab Saudi mendukung penuh serangan yang dilakukan AS, Prancis, dan Inggris terhadap Suriah karena mereka merespons kejahatan rezim (Assad),” demikian bunyi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (14/4/2018).

Dalam pernyataan tersebut, seperti dikabarkan kantor berita SPA, menyebutkan ada pun langkah yang diambil Sekutu dipicu oleh aksi Suriah yang menggunakan senjata kimia terhadap warga sipil tanpa terkecuali, termasuk kaum wanita dan anak-anak.

Baca Juga: Amerika dan Kroninya Mulai Serang Suriah dan Damaskus!

Sambutan baik juga datang dari Pemerintah Turki yang menyatakan dukungan penuhnya terhadap tindakan militer AS. Mereka menyebut serangan negara adidaya tersebut bersama sekutunya adalah “respons tepat” terhadap perilaku semena-mena yang dilakukan oleh rezim Suriah.

“Kami menyambut baik operasi ini yang memperlihatkan kesadaran rasa kemanusiaan terkait serangan di Douma yang patut diduga dilakukan rezim Suriah,” demikian bunyi pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Turki.

Operasi yang dilancarkan AS dinilai tidak lain dan tidak bukan merupakan langkah terhadap kekejaman rezim Assad yang tanpa pandang bulu menewaskan warga sipil dengan senjata kimia, Sabtu (7/4), pekan lalu.

“Turki menilai operasi yang dilakukan pagi ini (14/4) merupakan respons yang tepat terhadap serangan senjata kimia yang menewaskan warga sipil di Douma pada 7 April lalu,” tambah pernyataan Kemenlu Turki tersebut.

Sementara Wakil PM Turki Bekir Bozdag menegaskan bahwa serangan terhadap Suriah hari itu tidak dilakukan dari Pangkalan AU Incirlik. “Turki sudah mendapatkan informasi soal rencana serangan. Namun, Incirlik tidak digunakan untuk serangan tersebut,” tutur Bosdag.

Turki memang diketahui sebagai penentang rezim Presiden Bashar al-Assad dan selalu memberikan dukungan penuh kepada kelompok pemberontak yang berusaha menjatuhkan sang presiden yang dikenal tak punya hati dan rasa kemanusiaan tersebut.
suratkabar.id

Loading...