Home Berita Usai Pilkada DKI, Mahfud MD: Tak Perlu Lagi Ada yang Memanas-Manasi

Usai Pilkada DKI, Mahfud MD: Tak Perlu Lagi Ada yang Memanas-Manasi

0
SHARE

Rakyat Jakarta –¬†Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD melihat bahwa pasca-perhelatan Pilkada DKI rampung, semua pihak harus kembali merajut persatuan.

Lantaran, akibat kegiatan dukung-mendukung pasangan calon di Pilkada DKI sempat menimbulkan suatu gesekan yang memecah belah masyarakat.

Mari merajut kembali kesatuan dalam keberagaman. Saya sependapat dengan Pak Ahok yang mengatakan bahwa kekuasaan itu ketentuan Tuhan. Semua sudah bersiasat, Tuhan yang menentukan,” ujarnya di Jakarta, Selasa (25/4/2017).

Sehingga tidak perlu ada pihak yang merasa terluka akibat jagoannya kalah di kontestasi Pilkada DKI. Dan bagi pihak yang menang juga tak perlu bersuka cita dengan terlalu berlebihan.

“Saya kira nggak perlu ya memanas-manasi seperti itu, buat apa sih. Ada yang gemas, juga ada yang tidak rela ini buih-buih nya, ada yang bilang orang yang memilih Ahok orang yang pandai, yang milih Anies bodoh-bodoh, jadi orang Jakarta itu bodoh-bodoh. Ini ngapain kan memanas-manasi,” tukasnya.

Mahfud pun juga menyoroti bahwa akibat kekalahan Ahok tak akan membuat bangsa Indonesia menjadi terpecah belah. Karena merunut pengalaman, bangsa Indonesia selalu bisa menerima hasil dari pesta demokrasi dengan baik.

“Kita rajut kembali, kan kita terbiasa menerima perbedaan itu, tahun 1999 takut pecah tapi selesai ya selesai, Pilpres Pak Jokowi dan Prabowo juga, tapi ya selesai,” terangnya.

Untuk itu, Mahfud mengimbau agar semua pihak tidak saling menuding dan menyalahkan satu sama lain.

“Mereka yang ikut aksi itu bukan pengikut Habib Rizieq, itu NU juga, Muhammadiyah juga. Mereka hanya ikut numpang protes. Kalau disuruh melawan Pancasila, percayalah pasti balik ke NU dan Muhammadiyah masing-masing,” kata dia.