Home Berita Ulama Sepakat Jaga Depok Tetap Aman Sambut Pencoblosan Pilkada

Ulama Sepakat Jaga Depok Tetap Aman Sambut Pencoblosan Pilkada

0
SHARE

Jakarta – Polresta Depok mengumpulkan sejumlah tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Kota Depok menjelang pencoblosan pilkada serentak ini. Tokoh-tokoh NU dan Muhammadiyah sepakat untuk menjaga situasi, khususnya di wilayah Depok, tetap kondusif.

“Selain untuk menjaga silaturahmi dengan tokoh ulama di Depok, kami juga ingin mengajak tokoh-tokoh NU dan Muhammadiyah di Depok ini agar sama-sama menjaga situasi tetap kondusif. Dan alhamdulillah, para ulama NU dan Muhammadiyah sepakat,” jelas Kapolresta Depok Kombes Herry Heryawan Rabu (8/2/201).

Pertemuan tersebut berlangsung di ruang rapat Polresta Depok, Jalan Margonda Raya, Pancoran Mas, Kota Depok, tadi siang. Tokoh-tokoh ulama yang hadir di antaranya Ketua Pengurus Cabang NU Depok Raden Salamun Adiningrat, Rais NU Depok Zainudin Muksin, tokoh dari Muhammadiyah Depok H Idrus Yahya, tokoh MUI Depok Ustaz Permana, dan sejumlah ulama lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Herry meminta para ulama tersebut ikut menjaga situasi tetap kondusif, sehingga tidak ada perpecahan antarumat beragama, khususnya menjelang pemungutan suara pilkada serentak ini.

“Kami juga meminta kepada para tokoh ulama, baik NU, Muhammadiyah, dan ormas Islam lainnya, untuk bersama-sama mencari solusi dan dapat menenangkan umat,” lanjut Herry.

Raden Salamun mengatakan sikap PCNU Depok mengacu pada PBNU, yang melarang santrinya mengikuti aksi 112 di Jakarta. Kalaupun terpaksa ikut, diimbau untuk tidak mengenakan atribut.

“Teman-teman juga sudah paham bahwa PBNU menyatakan tidak perlu, bahkan melarang. Kalaupun terpaksa ada yang ikut, melarang atribut NU dipakai. Ini artinya bahwa PBNU dan PCNU semangat pada kondusivitas ajang nasional pilkada serentak 2017,” jelasnya.

Ia menambahkan imbauan tersebut akan dia teruskan hingga ke bawah. “Kami akan menyampaikan ini ke santri PCNU Depok, baik itu lewat pesantren maupun kegiatan keagamaan untuk menjaga situasi kondusif,” tegas Salamun.