Home Berita Tiket Pesawat Anak, Menantu dan Cucu Ke Jerman dan Turki Pakai Uang...

Tiket Pesawat Anak, Menantu dan Cucu Ke Jerman dan Turki Pakai Uang Pribadi Jokowi, Netizen : Berapa Harga Tiketnya?

0
SHARE

Rakyat Jakarta – Pihak Istana Kepresidenan menegaskan bahwa biaya perjalanan keluarga Presiden Joko Widodo ke Turki dan Jerman tidak menggunakan anggaran negara. Seluruh biaya ditanggung oleh Jokowi sendiri.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/7/2017).

“Sebelum melakukan perjalanan ke Turki dan Jerman, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan kepada Plt Kepala Sekretariat Presiden Winata Supriatna pada Senin, 3 Juli 2017, di Istana Merdeka,” kata Bey.

“Dalam arahan tersebut, Presiden menegaskan bahwa seluruh biaya perjalanan dan akomodasi anggota keluarga Presiden yang turut serta dalam perjalanan ke Turki dan Jerman sejak 5 sampai 9 Juli 2017 menjadi tanggungan pribadi Presiden,” ujar dia menambahkan.

Jokowi memboyong seluruh keluarga besarnya ikut kunjungan kerja ke Turki dan Jerman. Tak hanya Ibu Negara Iriana, Jokowi juga membawa ketiga anaknya, yakni Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Istri Gibran, Selvi Ananda, juga ikut dalam rombongan, bersama dengan putra mereka, Jan Ethes, yang baru berusia satu tahun empat bulan.

Jokowi dan rombongan keluarga besar berangkat ke Turki dengan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada Rabu (5/7/2017), pukul 07.20 WIB dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Berita dari laman Kompas diatas menimbulkan kebingungan bagi publik. Sehingga muncul beberapa pertanyaan yang diajukan oleh netizen sebagai perwakilan rakyat yang bingung.

“Ujian Akuntabilitas:
“Biaya Perjalanan pakai Uang Pribadi”
1. Berapa harga tiket Pesawat Kepresidenan ?
2. Beli dimana ?
3. Bayar ke siapa ?,” tanya akun netizen @bambangelf (9/7) dilaman twitter sambil melampirkan tautan berita dari Kompas.

Pertanyaan diatas wajar adanya. Karena pesawat kepresidenan bukan milik pribadi Jokowi melainkan milik negara. Jadi segala tindak tanduk Jokowi dalam memakai pesawat tersebut harus dipertanyakan oleh rakyat. Dan rakyat berhak mendapat jawaban yang tuntas. [pnc]