Home Berita Terlilit Bunga Hutang Global Bond, Ini Kata Dirut Pelindo II Elvyn G...

Terlilit Bunga Hutang Global Bond, Ini Kata Dirut Pelindo II Elvyn G Masassya

0
SHARE

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Elvyn G Masassya menilai secara implisit penarikan obligasi luar negeri atau global bond Pelindo II tidak tepat

Hal ini diungkapkan Elvyn kepada wartawan beberapa saat lalu, Jumat (24/2).

“Memang saya akui, sayang sekali jika harus bayar Rp 1 triliun per tahun untuk bayar bunga global bond,” kata Elvyn.

Sebagaimana terungkap dalam prospektus global bond Pelindo II, Elvyn menilai beberapa proyek yang akan digarap dengan global bond senilai Rp 21 triliun masih dalam kajian. Elvyn bahkan enggan menjawab kenapa penarikan dana global bond begitu besar namun proyek masih belum siap.

“Maaf tanpa bermaksud apa-apa, jika ditanyakan kenapa harus ada penarikan global bond, kami tidak tahu,” kata Elvyn.

Lebih jauh ia menilai, pihaknya hanya bisa meminimalisir resiko global bond tersebut dengan beberapa langkah mitigasi yang sudah dikaji tim hukum perusahaan.

“Beban bunga ini sangat besar. Kami melakukan mitigasi risiko dengan beberapa langkah meliputi menukarkan bond dengan rupiah untuk meringankan bunga dan membeli beberapa instrumen finansial serta melakukan buy back,” kata Elvyn.

Sebagaiamana yang diberitakan RMOL sebelumnya, Ketua Pansus Pelindo II DPR Rieke Diah Pitaloka juga meminta dokumen-dokumen terkait global bond namun Elvyn Pelindo II mengaku hanya mendapatkan prospektus. Atas dasar itu Rieke pun menegaskan pihaknya akan memanggil Direut Pelindo II sebelumnya untuk menjelaskan masalah bebas bunga hutang Global Bond tersebut.

“Karena Anda tidak mengetahui banyak soal global bond ini dan hanya bermodalkan prospektus, maka Pansus akan mendalami dengan Direksi lama Pelindo II sekaligus mencari dokumen historis global bond,” demikian Rieke.