Home Berita Terkuak, Ternyata Masjid Raya Jakarta yang Dibangun Ahok Bentuknya Mirip Salib

Terkuak, Ternyata Masjid Raya Jakarta yang Dibangun Ahok Bentuknya Mirip Salib

0
SHARE

Masjid yang diberi nama Masjid KH Hasyim Ashari itu dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar dengan luas bangunan sebesar 16.985,43 meter persegi. Berlokasi di dekat Rumah Susun Sederhana Sewa Daan Mogot, Jakarta Barat.

Masjid ini dibangun dengan dua lantai dan satu mezzanine dan memiliki daya tampung hingga 12.500 jemaah. Ide pembangunan masjid itu muncul pada Idul Adha tahun 2012 saat Joko Widodo masih menjabat Gubernur DKI Jakarta. Namun baru pada era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama Masjid ini baru bisa direalisasikan pembangunannya.

Kini Masjid yang menelan biaya Rp 117 Milyar tersebut dinyatakan telah rampung pembangunannya dan akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 16 April mendatang sebelum pencoblosan pilkada DKI putaran ke 2 dilakukan.

Mirip Salib?

Polemik tersebut muncul setelah foto penampakan Masjid Raya Jakarta tersebar di internet menjelang peresmiannya tanggal 16 nanti. Foto masjid yang diambil dari udara dinilai nampak seperti bentuk salib.

Sontak hal ini mengundang berbagai tanggapan, banyak netizen yang membandingkannya dengan bentuk salib dengan komentar negatif.

Sampai berita ini dimuat belum ada pernyataan klarifikasi resmi dari pemprov DKI jakarta terkait polemik masjid yang dibangun dengan arsitektur begaya Betawi tersebut.