Home Berita Terkait Krimininalisasi Ulama, Gubernur NTB Akhirnya Angkat Bicara

Terkait Krimininalisasi Ulama, Gubernur NTB Akhirnya Angkat Bicara

0
SHARE

Rakyat Jakarta – Kasus kriminalisasi ulama mendapat tanggapan serius dari Gubernur NTB Muhammad Zainul Madji alias Tuan Guru Bajang (TGB). Pria yang juga berstatus ulama itu berharap apa yang menjadi dugaan banyak pihak itu tidak menjadi kenayataan.

“Mudah-mudahan tidak terjadi (kriminalisasi ulama) lagi. Karena ulama itu kan bagian paling tulus yang menjaga dan merawat Indonesia selama ini,” ujar TGB usai menghadiri seminar “Politik Dalam Islam” Membangun Ghirah Politik Umat Islam Dalam Rangka Memperteguh Persatuan Nasional di Universitas Paramadina, Sabtu (20/5).

Menurut Gubernur NTB itu, ulama merupakan salah satu penggagas sistem pendidikan di Indonesia. Khususnya, melalui pendidikan di pesantren-pesantren. Sehingga, pemerintah perlu menghargai dan memuliakan ulama.

“Apalagi kalau kita bicara ulama secara keseluruhan di Indonesia. Mereka (ulama) yang menggagas pendidikan di seluruh negeri. Puluhan ribu jutaan anak bangsa belajar di pesantren. Jadi, sudah seharusnya pemerintah dan negara memuliakan, menghargai, melindungi para ulama. Karena mereka bekerja tanpa fasilitas negara, tanpa bantuan republik,” pungkasnya. [RJ / rmol]