Home Berita Survei SMRC, Anies-Sandiaga Kalahkan Ahok-Djarot

Survei SMRC, Anies-Sandiaga Kalahkan Ahok-Djarot

0
SHARE

Rakyat Jakarta –¬†Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali merilis survei putaran kedua Pilgub DKI Jakarta 2017. Dalam survei tersebut, pasangan Anies-Sandi unggul dari cagub petahana Ahok-Djarot.

Peneliti Senior SMRC, Deni Irfani mengatakan survei dilakukan dengan pertanyaan siapa yang akan dipilih bila pemilihan gubernur dan wakil gubernur dilakukan hari ini.

Hasilnya pasangan Anies-Sandiaga menang dengan hasil 47,9 persen disusul Ahok-Djarot 46,9 persen. “Responden tidak tahu dan menjawab sebesar 5,2 persen,” kata Deni kepada wartawan, Rabu (12/4/2017).

Deni mengatakan jika selisih satu persen bisa memunculkan banyak kemungkinan. Sehingga tidak bisa dengan pasti siapa yang akan memenangkan Pilkada DKI 2017.

“Tidak bisa secara meyakinkan siapa yang unggul saat survei. Faktanya Ahok-Djarot bisa unggul dan Anies-Sandi bisa unggul juga,” kata Deni.

Hal ini karena masih ada margin of eror sebesar 4,7 persen yang ada dari survei ini. Sehingga mungkin saja Anies-Sandi bisa mengambil tersebut atau Ahok-Djarot yang mengambilnya.

Survei digelar dari tanggal 31 Maret-5 April 2017 dan metode penelitian menggunakan stratified sistematic random sampling dengan margin of eror 4,7 persen. Dari 800 orang, hanya 446 responden yang bisa diwawancara.

Sementara itu, hasil survei yang dilakukan LSI Denny JA pada awal Maret 2017, pasangan Anies-Sandi menang telak dari cagub petahana. Berdasarkan survei LSI Denny JA, Anies-Sandi memperoleh 49,7 persen suara, sementara Ahok-Djarot hanya peroleh dukungan sebesar 40,5 persen.

(ysw)