Home Berita Sekjen PDIP minta tak ada intervensi “Justru Kehadiran Sekjen PDIP Makin Memperlihakan...

Sekjen PDIP minta tak ada intervensi “Justru Kehadiran Sekjen PDIP Makin Memperlihakan Adanya Intervensi”

0
SHARE

Rakyat Jakarta –¬†Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua Umum PPP Djan Faridz menghadiri persidangan kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok). Pada sidang ke-20 ini, Pengadilan Negeri Jakarta Utara mengagendakan pembacaan nota pembelaan atau pledoi dari Ahok.

Hasto menegaskan, tidak ada satu pihak manapun dapat melakukan intervensi dalam kasus dugaan penodaan agama ini. Untuk itu, dia meminta semua pihak menunggu keputusan Majelis Hakim.

“Pihak manapun dilarang melakukan intervensi atas persoalan ini. Ini berkaitan hal yang sensitif, hukum harus ditegakkan dengan prinsip keadilan dan bukti material di dalam persidangan,” kata Hasto di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (25/4).

Untuk kehadirannya ini, dia mengaku hanya memberikan semangat kepada Ahok dalam sidang jelang mencapai babak akhir. Selain itu dia juga mendukung penasihat hukum agar dapat membela mantan Bupati Belitung Timur itu.

“Keputusan akhir akan kami serahkan pada yang mulia majelis hakim, karena kami percaya pengadilan menjadi benteng di dalam tegaknya pancasila dan tegaknya keadilan itu sendiri. Mengingat kita adalah negara hukum,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, Ahok membacakan nota pembelaan dengan penuh perasaan dan penghayatan. Sehingga, politisi PDI Perjuangan ini mengharapkan, kasus ini bisa menjadi pelajaran banyak orang.

“Apa yang disampaikan Basuki Tjahaja Purnama menggunakan ekspresi terbaik atas sel peristiwa yang terjadi ini. Sebagai bangsa kita belajar banyak di seluruh persoalan yang terkait hukum ini,” terangnya.

[ang]