Home Berita Pengamat: Publik Curiga Pemerintah Dukung Pasangan Tertentu di Pilgub DKI

Pengamat: Publik Curiga Pemerintah Dukung Pasangan Tertentu di Pilgub DKI

0
SHARE

JAKARTA – KPU DKI dan Bawaslu DKI diharapkan menjadi “wasit” yang adil dalam penyelenggaraan dan pengawasan Pilgub DKI 2017. Pasalnya, saat ini negara dinilai tengah dicurigai publik lantaran diduga mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tertentu.

‎Hal itu seperti diungkapkan Direktur Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti.

 

  • Posisi negara itu dicurigai oleh publik ‎mendukung pasangan tertentu di Pilgub DKI ini, tetapi garda terdepannya harus KPUD dan Bawaslu (DKI),” ujarnya dalam sebuah diskusi di kawasan Setiabudi, Guntur, Jakarta Selatan, Rabu 8 Februari 2017.

Direktur Lingkar Madani (LIMA) ini menerangkan, kejujuran dan kompetensi harus dipegang betul oleh dua instansi penyelenggara dan pengawas pemilu Ibu Kota tersebut. Contohnya adalah soal pemilih yang tidak terdaftar. Ray menerangkan, pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK) disebutkan tidak boleh ada warga negara yang dibuang hak pilihnya karena alasan administratif.

“Misal KTP itu kan yang buat pemerintah.‎ Kartu Keluarga juga kan pemerintah (yang buat). Jadi, kewajiban administratif yang tidak ditanggungkan oleh dirinya tidak boleh digugurkan haknya,” tuturnya.

‎Oleh karena itu, saat ini KPU dan Bawaslu yang diharapkan dapat menjadi penengah dari ketidakadilan elektoral yang mungkin sedang terjadi.

“Tinggal KPU dan Bawaslu yang menjadi wasit paling utama,” ujarnya