Home Berita Penembakan Terduga Teroris Munculkan Dugaan Konspirasi

Penembakan Terduga Teroris Munculkan Dugaan Konspirasi

0
SHARE

KIBLAT.NET, Depok – Beberapa masyarakat menilai aksi terorisme merupakan tindakan yang direncanakan atau dibuat oleh oknum-oknum tertentu, seperti konspirasi. Spekulasi ini muncul di tengah masyarakat karena tindakan aparat penegak hukum yang langsung menembak mati beberapa terduga teroris.

Demikian dikatakan Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution kepada Kiblat.net, Rabu (08/03). Ia menambahkan, tindakan aparat yang menembak mati para terduga atau pelaku teror berdampak tidak terungkapnya pihak-pihak yang memberi perintah tindakan teror itu.

“Perihal adanya jaringan atau tidaknya, ini yang harus diyakinkan kepada publik. Jika memang benar ada jaringan terorisme seperti yang mereka (aparat.Red) bilang, maka harus dibuktikan,” ujarnya.

“Jika sangat memungkinkan untuk menangkap hidup-hidup, dan jika memang benar adanya jaringan-jaringan itu, maka ini sekaligus menjawab pertanyaan publik, apakah ini memang benar adanya jaringan atau ada konspirasi,” tegasnya.

Maneger melihat, siapapun yang diduga melakukan tindak pidana terorisme hendaknya ditangkap hidup-hidup.

“Ditangkap hidup-hidup lalu kemudian dimintai keterangan untuk membongkar, jika memang ada. Apakah ini order atau pesanan, ini pentingnya pertanggungjawaban publik,” pungkasnya.

Menurut catatan Komnas HAM selama ini, ada lebih dari 121 masyarakat yang ditembak mati, dengan alasan dianggap sebagai pelaku teroris.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy