Home Berita Penahanan Ahok Ditangguhkan, Yusril Ihza: Belum Tentu Dikabulkan Ketua PT Jakarta

Penahanan Ahok Ditangguhkan, Yusril Ihza: Belum Tentu Dikabulkan Ketua PT Jakarta

0
SHARE

Rakyat Jakarta –¬†Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra mengakui jika penahanan terdakwa penista agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bisa ditangguhkan. Tapi kata Yusril membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Mantan menteri kehakiman itu pun merinci jika Ahok ingin ditangguhkan, maka dia harus melalui persetujuan Ketua Majelis Hakim yang menangani permohonan banding yang diajukan Ahok di Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta.

“Penahanan Ahok bisa ditangguhkan oleh ketua atau majelis hakim yang menangani perkara Ahok di PT Jakarta karena Ahok ajukan banding. Tapi semuanya tergantung pertimbangan Ketua PT atau majelis hakim apakah akan dikabulkan atau tidak,” kata Yusril kepada wartawan, Rabu (10/5)

Yusril menambahkan proses untuk mempertimbangkan permohonan penangguhan penahanan Ahok baru bisa dilakukan setelah berkas banding Ahok terdaftar di PT Jakarta.

Sementara untuk saat ini, berkas banding Ahok masih dalam proses untuk didaftarkan.

“Permohonan penundaan itu akan dikabulkan atau tidak, baru bisa dilakukan apabila berkas permohonan banding Ahok sudah di-register di pengadilan tinggi. Jadi ini masih butuh waktu yang tidak sebentar,” jelas Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu.

Untuk diketahui, sejumlah pihak seperti Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, Ketua Umum PPP Djan Faridz dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menawarkan diri mereka menjadi penjamin Ahok atas proses penangguhan penahanan Ahok.[san]