Home Berita Pemuda Muhammadiyah Nilai Ucapan Ahok Ancam Keberagaman di Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Nilai Ucapan Ahok Ancam Keberagaman di Indonesia

0
SHARE

Rakyat Jakarta –¬†Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Daniel Anzhar Simanjuntak melihat kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dapat mengancam keberagaman di Indonesia, sehingga kasus ini bukanlah kasus sederhana.

“Kami menilai apa yang dilakukan oleh Ahok bukan hanya penistaan (agama), tapi juga ancaman keberagaman,” kata Daniel dalam Diskusi Polemik Sindo Trijaya dengan tema ‘Ahok, Jaksa, dan Palu Hakim di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (29/4/2017).

Menurut Daniel apa yang dilakukan Ahok yang mengutip surat Al-Maidah ayat 51 saat melakukan kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu bagaikan pepatah orang Padang, Sumatera Barat yang berbunyi dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Maksudnya, apa yang disampaikan Ahok ini menimbulkan respon sensitif warga.

“Hakim harus lihat tingkat sensitivitas ini, memahami tingkat sensitivitas penting untuk menghargai keberagaman. Karena ini bisa jadi ancaman keberagaman,” kata Daniel.

Diketahui majelis hakim akan memvonis perkara Ahok pada 9 Mei mendatang. Jaksa penuntut umum (JPU) sebelumnya menuntut Ahok bersalah dihukum satu tahun penjara dengan dua tahun masa percobaan. Ahok terbukti melanggar pasal 156 KUHP tentang penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia.