Home Berita Pemikir Islam: Ishomuddin “Saksi Ahli Ahok” Pemecah Belah NU dan Umat Islam

Pemikir Islam: Ishomuddin “Saksi Ahli Ahok” Pemecah Belah NU dan Umat Islam

0
SHARE
Tindakan dan sikap Kiai Ahmad Ishomuddin yang menjadi saksi meringankan pihak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada persidangan penistaan agama telah memecah belah Nahdlatul Ulama (NU) dan umat Islam.
Penegasan itu disampaikan pemikir Islam, Muhammad Ibnu Masduki kepada intelijen (24/03). “Ishomuddin itu memecah belah NU dan Umat Islam. Dan kubu Ahok dengan para buzzernya mengklaim Ishomuddin mewakili NU,” tegas Ibnu Masduki.
Menurut Ibnu Masduki, pendukung Ahok sengaja memunculkan “pengkhianat” dari kalangan NU agar menggiring opini bahwa tidak semua warga Nahdliyin anti-Ahok. “Ilmu agama yang dimiliki Ishomuddin hanya untuk kepentingan pribadi dan lawan Islam?” tanya Ibnu Masduki.
Ibnu Masduki menilai, Kiai Ishomuddin melakukan politisasi agama dan mengajak agama untuk kampanye di Pilkada.

“Lihat saja buku ‘panduan memilih pemimpin’ di mana pengantarnya Ishomuddin, terlihat sekali, ayat-ayat al Quran dan bahasa Al Quran dicocok-cocokkan untuk memilih Ahok. Baru kali ini ada kata Ahok berasal dari bahasa arab Akhuka sebagaimana ditulis Ishomuddin,” papar Ibnu Masduki.

Tak hanya itu, Ibnu Masduki mengingatkan, orang-orang seperti Ishomuddin pasti ada di jamannya. “Dulu era penjajah Belanda ada Van der Plas, Snouke Hurgronje yang ahli agama tetapi bukan untuk membela agama tetapi menjadi pembenar kelompok penjajah,” pungkas Ibnu Masduki. [ito]