Home Berita Paspor Habib Rizieq Terancam Dibekukan, Pengacara Siap Lobi DPR

Paspor Habib Rizieq Terancam Dibekukan, Pengacara Siap Lobi DPR

0
SHARE

Rakyat Jakarta – Pengacara Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro, memohon agar pasport milik Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab tidak dicabut atau dibekukan oleh Imigrasi. Sugito mengatakan sudah menyiapkan lobi-lobi ke Komisi III DPR dan Kemenkumham agar permohonannya itu dikabulkan.

“Kalau misalnya berhasil alhamdulillah, kalau enggak, kami akan tetap berjuang sekuat tenaga untuk tak dicabut. Karena ini adalah bentuk pemaksaan kehendak dan dasar hukum yang lemah,” kata Sugito kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Sugito melanjutkan, jika Rizieq masih berstatus saksi, pembekuan pasport itu adalah hal yang mengada-ada. Apalagi, Rizieq juga belum terbukti bersalah dan proses hukumnya masih bisa diperdebatkan.

“Malah ahli berpendapat seharusnya kan yang penyebarnya dulu. Terus enggak pernah ada dan enggak pernah benar (konten porno). Kalau pun misalnya benar, itu koleksi dari Firza Husein yang tidak ada hubungannya dengan Habib. Ini kan menjadi polemik,” tutur dia.

Dia sendiri berharap agar polisi berhati-hati mengusut kasus ini lantaran menuding dilatarbelakangi aroma politik balas dendam.

“Jangan sampai jadi alat kekuasaan untuk kepentingan kekuasaan sehingga menafikan mengenai masalah penegakan hukum,” tutup dia.

Sebelumnya, Ditjen Imigrasi menyebut bisa saja membekukan paspor Habib Rizieq. Meski begitu, pembekuan paspor itu harus melalui permintaan kepolisian.

“Nantinya bisa saja, tapi saat ini belum,” kata Direktur Lalu Lintas Imigrasi Maryoto di Jakarta Pusat, Rabu kemarin.