Home Berita Para Elite Politik Sejak Semula Mereka tak Dukung Ahok

Para Elite Politik Sejak Semula Mereka tak Dukung Ahok

0
SHARE

Rakyat Jakarta РDewan Pediri Network for South East Asian Studies (NSEAS), Muchtar Effendy Harahap mengatakan, perpindahan peta politik elite parpol, bukan hanya disebabkan oleh kemenangan Anies-Sandi. Namun, kata dia, hal tersebut merupakan bukti dukungan yang memang awalnya tidak pada posisi mendukung Ahok-Djarot.

“Masalahnya, pimpinan parpol mereka ambil pilihan pragmatis dukung Ahok. Dan mereka tidak berdaya untuk menolak atau membatalkan keputusan dukungan pimpinan parpol terhadap Ahok,” ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (23/4).

Dikatakan Muchtar, perpindahan atau pergeseran peta politik elite parpol pendukung Ahok-Djarot ke Anies, memang terjadi. Dia mencontohkan, Abu Rizal Bakrie dan Titiek Soeharto di Golkar, Tokoh Senior Bachtiar Hamzah di PPP.

“Terkesan memang ada pergeseran dukungan elite parpol dari Ahok ke Anies. Tetapi, sesungguhnya, mereka itu sejak semula tidak mendukung Ahok secara terbuka,” katanya.

Menurut Muchtar, baru setelah terbuka sekali, Titiek Soeharto sebagai kader dan elite Golkar mendukung Anies bahkan mengadakan pertemuan akbar umat Islam di suatu Masjid di TMII.

“Pertemuan akbar ini sebagai simbol dan bukti bahwa keluarga mantan rezim Soeharto itu tidak mendukung Ahok yang didukung rezim kekuasaan sekarang. Sejak itu, sejumlah elite Golkar kian terbuka mendukung Anies,” ucapnya.