Home Berita Obama Akan ‘Mudik’ ke Indonesia Hari Ini, Langsung ke Bali

Obama Akan ‘Mudik’ ke Indonesia Hari Ini, Langsung ke Bali

0
SHARE

Rakyat Jakarta – Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barrack Obama direncanakan mengunjungi Indonesia pada (23/6) hingga (1/7) mendatang. Rencananya, Obama akan berlibur di Bali hari ini.

“Sudah ada informasi, Beliau (Obama) akan datang tanggal 23 Juni 2017 sore, khusus untuk liburan,” kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Denpasar, Bali, Rabu (21/6).

Kabarnya Obama akan berada di Bali selama 5 hari yakni pada 23-28 Juni 2017. Soal penginapan, sejauh ini masih belum ada kabar yang pasti.

“Baru berita burung, tanggal 23-28 Juni 2017, tapi kami belum tahu apakah di Nusa Dua, atau di Kuta atau di Gianyar. Untuk personel (pengamanan VVIP) belum tahu karena belum ada,” kata Pangdam Udayana Mayjen TNI Komaruddin.

Dikabarkan, setelah itu Obama akan berlibur ke daerah lain sebelum ke Jakarta. Namun belum ada pihak yang bisa mengonfirmasi secara pasti ke mana lagi Obama akan berlibur. Sementara itu, Jumat (30/6) mendatang Obama diundang Presiden Jokowi untuk makan siang di Istana Negara.

Setelah memenuhi undangan Jokowi, Obama dijadwalkan berpidato di Konvensi Diaspora Indonesia pada 1 Juli 2017 mendatang dan akan berbicara tentang tentang globalisasi dan pluralisme. Hal itu akan menjadi yang pertama kalinya Obama berpidato di Asia setelah tidak menjabat lagi sebagai presiden.

“Pidato Obama di Diaspora ini adalah pidato pertama Obama di Asia setelah lengser dari presiden. Beliau kan sudah bicara di Eropa sebulan yang lalu. Jadi kita merasa terhormat sekali terutama panitia konvensi Diaspora karena ini adalah First Asia Speech yang akan dilakukan di Jakarta pada 1 Juli 2017,” ujar Ketua Board of Trustees Indonesia Diaspora Network (IDN) Dino Pati Djalal di Mayapada Tower, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (12/6).

Secara terpisah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali I Dewa Putu Eka Wijaya Wardana menyatakan sudah ada tim advance Obama yang menyurvei lokasi wisata di Bali. Survei itu dilakukan bersama Kementerian Luar Negeri RI.

“Survei sudah dilakukan dan ini Kemenlu yang tahu dengan tim advance-nya. Tapi (Obama) ke sana atau tidak kan tidak tahu karena tentatif,” kata Wardana secara terpisah.

Dengan demikian, total waktu kunjungan Obama sekitar 9 hari dengan agenda di 23/6 sampai 28/6 di Bali, 29/6 sampai 1/7 di Jakarta. [dtk]