Home Berita Novel Bamukmin Dipanggil Pernyidik Siang Ini

Novel Bamukmin Dipanggil Pernyidik Siang Ini

0
SHARE

Laporan kasus “Fitsa Hats” terus digulirkan, sejak dilimpahkan penyidik Polda Metro Jaya (PMJ) ke Polrestro Jakarta Selatan (Jaksel).

Saat ini, penyidik Polrestro Jaksel mengagendakan pemeriksaan saksi pelapor Novel Chaidir Hasan Bamukmin.

“Benar sudah dilimpahkan ke Polres (Jaksel). Hari ini, pemeriksaan saksi pelapor Novel Bamukmin,” kata salah satu kuasa hukumnya, Ali Lubis kepada RMOL, Kamis (2/3).

Menurut Ali, kliennya kooperatif untuk memenuhi panggilan penyidik. Sekretaris Jenderal Front Pembela Islam (FPI) DPD DKI itu diagendakan untuk memberikan keterangan siang ini.

“Jadwalnya siang ini. Habib Novel datang (untuk diperiksa),” papar Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) tersebut.

Seperti diketahui, istilah “Fitsa Hats” mendadak viral di media sosial setelah diungkap oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Pasalnya, istilah yang terdapat dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Novel tersebut, dibacakan saat bersaksi di persidangan perkara penodaan agama dengan terdakwa Ahok, 3 Januari lalu.

Ahok menduga Novel malu telah bekerja di perusahaan Amerika, Pizza Hut, tahun 1992-1995. Sehingga, dalam BAP sengaja disamarkan dengan menulis “Fitsa Hats”.

Imbasnya, Novel pun melaporkan mantan Bupati Belitung Timur itu ke PMJ karena dianggap telah mencemarkan nama baiknya, 5 Januari 2017.

Menurut Novel, seharusnya pihak Ahok tahu jika penulisan “Fitsa Hats” dalam BAP-nya adalah kesalahan pengetikan dari penyidik kepolisian. Apalagi, hal itu merupakan riwayat pribadinya.

Sehingga, kemunculan istilah “Fitsa Hats” tersebut dianggapnya sebagai upaya pengalihan isu dari kasus dugaan penodaan agama yang menjerat Ahok.

Saat ini, kasus tersebut telah dilimpahkan ke Polrestro Jaksel untuk penyelidikan selanjutnya.