Home Berita Manipulasi Data, Tim Ahok Laporkan Anies Ke Bawaslu

Manipulasi Data, Tim Ahok Laporkan Anies Ke Bawaslu

0
SHARE

Rakyat Jakarta  – Tim pemenangan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) bakal melaporkan calon rival Anies Baswedan ke Badan Pengawas Pemilu.

“Kami akan melaporkan saudara Anies yang kami duga telah melakukan fitnah tentang manipulasi data penggusuran,” ujar Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Tim Ahok-Djarot Pantas Nainggolan di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta (Selasa, 28/3).

Menurutnya, data yang digunakan Anies merupakan daftar wilayah berpotensi tergusur di Jakarta pada tahun 2016. Padahal, di dalamnya tidak menyebutkan terminologi penggusuran.

“Sesungguhnya tidak ada satu terminologi penggusuran tercantum, tidak ada penyebutan kampung-kampung. Hanya ada titik-titik bangunan di atas kali, spanduk liar, PMKS, pedagang kaki lima, dan sebagainya. Itu yang ada di 325 titik,” jelas Pantas.

Dia memastikan bahwa data tersebut diplintir oleh Anies menjadi kampung-kampung yang akan digusur. Hal itu justru menyesatkan publik.

“Ini sebuah pendidikan yang menyesatkan publik, dan menimbulkan kekhawatiran pada masyarakat,” katanya.

Karena itu, Tim Ahok-Djarot melihat kesalahan tersebut wajib ilanjutkan ke ranah hukum.

“Pertama kami akan mengajukan ke Bawaslu sebagai institusi yang melakukan fungsi pengawasan terhadap tahapan pilkada. Kemudian kami akan laporkan sebagai pidana umum ke polisi. Mungkin bahan (bukti) dari media massa akan menjadi sangat penting,” demikian Pantas. [wah]