Home Berita Lempari Hadiah Dari Dalam Mobil, Jokowi Kurang Humanis

Lempari Hadiah Dari Dalam Mobil, Jokowi Kurang Humanis

0
SHARE

Tindakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memberikan hadiah kepada masyarakat dengan cara melempar patut disayangkan. Sebab, kelakuan itu mengesankan Jokowi tidak menghormati rakyatnya sendiri.

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik Emrus Sihombing memastikan bahwa apa yang dilakukan Jokowi sebagai bentuk ketidaksengajaan. Menurutnya, selama memimpin, Jokowi tidak lepas dari sifat dan perilaku yang merakyat.

“Saya rasa itu tidak ada niatan untuk merendahkan orang lain. Karena Jokowi kita ketahui sangat rendah hati, sangat merakyat, dan lahir dari kalangan bawah, tumbuh di lapisan bawah,” ujarnya saat dihubungi redaksi, Minggu (26/3).

Menurut Emrus, keengganan Jokowi turun dari mobil untuk menyapa atau menyalami warga disebabkan banyak alasan. Seperti pertimbangan faktor keamanan sampai terburu-buru harus melanjutkan agenda kunjungan kerja.

“Perilaku seseorang harus dilihat secara holistik, tidak secara parsial. Sering juga kan beliau (Jokowi) duduk di tempat-tempat yang merakyat,” ujarnya.

Emrus menampik jika dikatakan Jokowi semakin sombong terhadap rakyatnya. Pasalnya, mantan gubernur DKI Jakarta tersebut sudah sejak awal dikenal sebagai sosok pejabat yang merakyat.

“Tetapi kalau boleh tidak dilakukan lagi ke depan, karena kurang humanis,” tegas pengajar di Universitas Pelita Harapan (UPH) itu.

Diketahui, Presiden Jokowi memberikan bungkusan-bungkusan hadiah untuk masyarakat dengan cara melempar dari dalam mobil saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara pada Jumat kemarin (24/3). Perilaku Jokowi itu marak dibicarakan publik setelah rekaman videonya diunggah ke situs jejaring sosial Youtube.

Dalam rekaman video berdurasi 1:59 menit itu, Jokowi yang mengenakan kemeja putih dibalut jaket bomber warna biru tua menggunakan mobil kepresidenan yang berbeda, yakni Toyota Land Cruiser. Duduk di bangku penumpang baris tengah sebelah kiri, Jokowi melempar bungkusan-bungkusan hadiah kepada warga yang hadir menyambutnya. Dia pun tidak menunjukkan niatan turun dari mobil untuk menyambangi warga dengan terus melempar-lempar hadiah. Akibat dilempari hadiah, warga berebut memungutnya sehingga membuat petugas keamanan kewalahan menghalau warga yang mendekati mobil Jokowi.[san]