Home Berita LEBIH BANYAK MUDARATNYA Acara DEBAT KOMPAS TV , Sandiaga Uno Tidak Hadiri...

LEBIH BANYAK MUDARATNYA Acara DEBAT KOMPAS TV , Sandiaga Uno Tidak Hadiri Debat Malam Ini

0
SHARE
Rakyat Jakarta – Pasangan calon gubernur nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno memastikan akan menghadiri acara debat yang digelar salah satu stasiun televisi swasta yang digelar malam ini, Minggu (2/4).

Hanya saja, permintaan agar penyelenggara mengubah format debat tidak digubris penyelenggara. Sehingga, pasangan Anies-Sandi batal hadir dalam acara yang dipandu Rosiana Silalahi itu.

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menjelaskan bahwa format debat yang menghadirkan pendukung dan menggunakan yel-yel akan menambah suasana di masyarakat bertambah panas.

“Memang saya yang minta, debat-debat ini memicu lebih banyak mudaratnya dari segi di bawah (masyarakat) itu tambah panas gitu,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, dirinya telah hadir di debat sebanyak tujuh kali. Format debat yang menghadirkan pendukung, menggunakan yel-yel, dan saling menjelek-jelekkan, kata Sandiaga tidak akan mendidik masyarakat.

“Debat yang model seperti itu bukan budaya Indonesia, saling menjelek-jelekkan, Pak Anies lagi bicara diganggu-ganggu oleh pendukung pihak lain, saling sahut menyahut. Menurut saya itu akan memicu tambah panasnya di bawah,” ungkapnya seperti diberitakan RMOLJakarta.

Sandi menjelaskan bahwa pihaknya menghendaki adanya format debat yang lebih santai dan sesuai dengan nilai luhur bangsa Indonesia. Salah satunya debat digelar dengan format talkshow dan duduk di sofa.

“Jadi kita adu gagasan tanpa harus adu yel yel, tanpa harus adu siapa yang lebih besar pendukungnya, siapa yang suaranya lebih keras,” ungkap Sandiaga.

Keinginan ini sudah disampaikan konsultan politik Anies – Sandi, yakni Eep Saifullah Fatah ke pihak stasiun televisi penyelenggara debat. Tapi, permintaan itu tidak diindahkan dan akhirnya pasangan Anies-Sandi tidak hadir.

“Jadi itu yang saya pesankan ke pak konsultan, pak Eep, tolong disampaikan ini,” pungkasnya. [ian]