Home Berita Lagi ,Majelis Hakim Tegur Saksi Fakta Dari Pihak Ahok Karena Tidak Konsisten

Lagi ,Majelis Hakim Tegur Saksi Fakta Dari Pihak Ahok Karena Tidak Konsisten

0
SHARE

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) menegur saksi fakta yang dihadirkan oleh pihak terdakwa penista agama Basuki T Purnama (Ahok) yang juga adalah ketua Panwaslu Banga Belitung, Juhri karena memberikan tuduhan tanpa mempunyai dasar yang jelas.

Kejadian bermula saat Juhri menjelaskan bahwa selebaran yang menurut Panwaslu Babel dalam kampnye hitam dan berisi dalil Al-Quran agar muslim memilih pemilih muslim disebarkan oleh lawan politik Ahok di Pilkada Babel 2007.

Namun, ketika majelis hakim bertanya apa dasarnya Juhri berkata demikian, Juhri mengatakan kalau itu adalah dugaan semata.

Sebab, lanjut Juhri, selebaran semacam itu selalu muncul ketika ada calon pemimpin non muslim yang maju dalam Pilkada di Babel. Namun jika calon kepala daerah seluruhnya beragama Islam, tidak akan ada selebaran tersebut. Majelis hakim pun langsung menegur Juhri.

“Jangan sampai kemudian mempunyai kesimpulan yang tidak ada dasarnya, bisa saja dibuat oleh kelompoknya, namanya politik kan bisa saja,” tegur majelis hakim dalam persidangan ke-14 di gedung Kementan, Jaksel, Selasa (14/3)..

Terlihat tak bisa menjawab, Juhri pun berkilah pihaknya sudah melakukan pengecekan ke lapangan. Selebaran itu, kata dia, ditemukan di jalan, rumah-rumah warga, hingga di masjid-masjid di Babel ketika itu.

Namun tetap Juhri mengakui tidak menemukan siapa aktor di balik penyebar selebaran itu. [rus]