Home Berita KH Hasyim Muzadi Kembali Dirawat di ICU, Keluarga Minta Ruangan Steril Dari...

KH Hasyim Muzadi Kembali Dirawat di ICU, Keluarga Minta Ruangan Steril Dari Pengunjung

0
SHARE

MALANG – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang juga mantan Ketua Umum PBNU, KH Hasyim Muzadi, kembali dirawat di Rumah Sakit (RS) Lavalette Kota Malang, Sabtu (11/3/2017), sekira pukul 12.30 WIB.

Pendiri Ponpes Al-Hikam Kota Malang ini dirawat di ruang ICU (intensive care unit). Ia berada di ruang Cardiovascular Care Unit (CVCU).

Dari penuturan Ketua GP Ansor Kota Malang Nur Junaedi, pembesuk tidak boleh masuk ke ruangan. “Tidak boleh masuk, supaya beliau istirahat,” ujar Junaedi.

Dari informasi yang dihimpun Surya (Tribunenws.com Network), Kiai Hasyim dibawa ke RS menggunakan mobil ambulans RS Lavalette, dari kediamannya di Ponpes Al-Hikam Jl Cengger Ayam.

Perawatan KH Hasyim Muzadi di RS Lavalette ini merupakan perawatan kedua di rumah sakit itu.

Sebelumnya 6 Januari 2017 lalu, KH Hasyim juga dirawat di RS Lavalette.

KH Hasyim meninggalkan rumah sakit pada 17 Januari 2017, atau sehari setelah dijenguk Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ketika itu, Kiai Hasyim disebut mengalami kelelahan.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri menjenguk KH Hasyim, tanpa diketahui awak media.

Ia menjenguk sebelum melakukan rangkaian kegiatan di Kabupaten dan Kota Malang.

Khofifah tiba di rumah sakit sekitar 45 menit setelah KH Hasyim masuk ke ruang ICU.

“Tidak lama. Setelah dari sini, beliau langsung ke Pujon (Kabupaten Malang), lokasi kunjungan kerja beliau,” ujar Nur Junaedi.

Khofifah meninggalkan Lavalette sekitar pukul 13.50. Ia hanya ditemani ajudan, seorang dirjen di Kemensos, dan pejabat BNI.

Anggota Banser Ansor menjaga ruang tempat perawatan KH Hasyim.

“Pesan keluarga, pembesuk tidak boleh masuk ke ruangan agar Abah (KH Hasyim Muzadi) bisa beristirahat secara penuh. Keluarga minta ruangan steril, tidak ada pembesuk. Kalau memang pembesuk ke sini, disarankan untuk berdoa atau mengaji di lantai dua masjid rumah sakit Lavalette,” ujar Nur Junaedi.

Karena permintaan itulah, anggota Banser ikut berjaga.

Beberapa kali anggota Banser dan satpam yang berjaga menolak pembesuk yang ingin masuk.

Dari pantauan Surya, pembesuk sudah datang silih berganti. Namun mereka tidak bisa masuk ke ruang perawatan intensif tersebut.

Djarot Tak bisa bertemu
Selama hampir dua bulan beristirahat di rumah, Kiai Hasyim tetap menerima kunjungan tamu, seperti Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, juga jajaran Direktorat Jenderal Pajak Jatim III.

Pada Jumat (10/3/2017) sore lalu Cawagub DKI Jakarta yang juga Wakil Gubernur Nonaktif DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, juga mengunjungi kediaman Hasyim. Namun Djarot tidak bertemu Hasyim yang sedang beristirahat.

“Beliau lagi istirahat,” kata Djarot. Saat itu, menurut Djarot, KH Hasyim Muzadi dalam kondisi stabil. Dalam kunjungan sekira 30 menit itu Djarot juga sempat berbincang-bincang dengan istri KH Hasyim Muzadi, Hj Muthamimah.

Djarot tak sekadar berkunjung biasa, ia sekaligus meyampaikan pesan dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri.

“Habis ziarah ke makam Bung Karno, mampir ke sini sekaligus menyampaikan salam dari Bu Mega,” kata Djarot.

Megawati titip salam karena ia belum sempat membesuk.

Anak ketiga KH Hasyim Muzadi, Hilman Wajdi, menampik beredarnya kabar orangtuanya dalam kondisi kritis. Begitu pula dikatakan Ketua PCNU Kota Malang KH Isroqunnajah.

Menurutnya KH Hasyim Muzadi tidak dalam kondisi kritis seperti informasi beredar di sosial media. (Surya/Uni/Ben