Home Berita Ketua MPR: Jangan Anggap Ulama yang Taat Agama Anti Pancasila Dan Radikal

Ketua MPR: Jangan Anggap Ulama yang Taat Agama Anti Pancasila Dan Radikal

0
SHARE
Rakyat Jakarta – Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai stigma radikal dan anti Pancasila yang dialamatkan pada umat Islam adalah hal yang keliru. Justru, menurutnya, sejarah membuktikan bahwa santri dan ulama bahu-membahu merebut kemerdekaan.
“Santri dan Ulama itu pengamal Pancasila. Jangan karena mereka taat menjalankan ajaran agama lantas dianggap radikal dan anti Pancasila. Ini pandangan yang keliru,” ujar Zulkifli saat menghadiri halalbihalal dan silaturahmi nasional kiai dan ulama di Pondok Pesantren Al Ishlah Bondowoso, Jawa Timur, hari ini, Minggu (27/7).
Karenanya, Zulkifli mengajak umat Islam untuk bersatu. “Jumlah yang mayoritas hanya bisa berdaulat kalau bersatu. Mayoritas umat Islam potensial untuk dikonversi menjadi kekuatan ekonomi dan politik,” katanya.
Zulkifli juga mengajak santri dan ulama dari seluruh Jawa Timur yang hadir di Pesantren Al Ishlah, untuk menjaga Pancasila dan menanamkan nilai-nilai luhur bangsa.
“Kalau MPR saja nggak cukup, perlu partisipasi semua pihak. Pada kesempatan ini saya mengajak pesantren untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila,” kata dia. [aktual]