Home Berita Kemerdekaan RI Ke-72 Akan Dirayakan Sebulan Penuh, Kaya Puasa Ramadhan Aja Nih

Kemerdekaan RI Ke-72 Akan Dirayakan Sebulan Penuh, Kaya Puasa Ramadhan Aja Nih

0
SHARE

Rakyat Jakarta –  Bulan Agustus tahun ini akan dirayakan sebagai Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) oleh pemerintah. Pasalnya, Hari Kemerdekaan yang biasanya hanya diperingati setiap tanggal 17 Agustus saja akan dirangkai dengan sejumlah kegiatan yang berlangsung selama sebulan penuh

Hal ini sebagaimana disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam Konferensi Pers Bulan Kemerdekaan di Halaman Belakang Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (28/7). Perayaan kemerdekaan selama sebulan penuh ini, lanjutnya, merupakan sebuah keseriusan dalam merayakan, menghayati, mengamalkan semangat kemerdekaan yang sudah diraih 72 tahun silam.

“Kita akan merangkai dengan banyak sekali kegiatan. Yang bergiat bukan hanya kita-kita yang ada di Jakarta, tetapi juga masyarakat kita seluruh Indonesia di seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Adapun acara ini akan diawali pada 1 Agustus dengan meluncurkan pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan bertajuk “Senandung Ibu Pertiwi”. Selain itu, juga akan digelar Dzikir Kebangsaan bertajuk “Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan” di halaman Istana Merdeka.

“Jadi itu zikir itu akan diikuti oleh para ulama dan sekaligus juga oleh para santri dari berbagai Pondok Pesantren dan kemudian disambung dengan berbagai kegiatan yang lain selama satu bulan,” tambah Mensesneg.

“Dengan ini, partisipasi masyarakat juga akan didorong. Saya yakin masyarakat juga sangat antusias dan berbagai kementerian juga siap untuk mem-back up inisiatif-inisiatif yang ada di masyarakat,” pungkasnya [rmol]