Home Berita Kejaksaan Pikir-pikir Ajukan Banding Vonis Ahok

Kejaksaan Pikir-pikir Ajukan Banding Vonis Ahok

0
SHARE

Rakyat Jakarta – Kejaksaan menyatakan masih pikir-pikir untuk mengajukan banding atas vonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara dalam perkara penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“Sikap jaksa penuntut umum tentunya sesuai undang-undang akan pikir-pikir selama tujuh hari untuk menentukan sikap apakah menerima atau akan melakukan upaya hukum,” kata Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) DKI Jakarta, Masyhudi di Jakarta, Selasa (9/5).

Kendati demikian, pihaknya tetap menghormati putusan hakim meski tidak sesuai dengan tuntutan dari JPU terhadap Ahok satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

Dikatakan, masalah putusan yang lebih tinggi dari tuntutan JPU merupakan hal yang wajar dan bisa saja terjadi. “Karena rasa keadilan terhadap perkara tersebut bisa saja berbeda antar penegak hukum,” katanya.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara memutuskan agar terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditahan setelah divonis penjara selama dua tahun.

“Menimbang bahwa untuk menjatuhkan pidana terhadap terdakwa, maka perlu dipertimbangkan terlebih dahulu keadaan yang memberatkan dan meringankan,” kata Abdul Rosyad, anggota Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara saat pembacaan putusan perkara Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa.

Rosyad menyatakan keadaan yang memberatkan terdakwa tidak merasa bersalah, perbuatan terdakwa telah menimbulkan keresahan dan mencederai umat Islam, perbuatan terdakwa dapat memecah kerukunan antar umat beragama dan antargolongan.

Menurut hakim, yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum, terdakwa bersikap sopan di persidangan, dan terdakwa bersikap kooperatif selama mengikuti proses persidangan. [RJ / akt]