Home Berita Kata Menag: Kasus Ahok Belum Final

Kata Menag: Kasus Ahok Belum Final

0
SHARE

Menteri Agama, Lukman Hakim Saefuddin, meminta semua pihak menahan diri menyikapi vonis hakim untuk Basuki Tjahaja Purnama, sebab kasus hukum Ahok belum selesai.

“Yang saya dengar bahwa putusan ini belum inkrah, jadi ada upaya banding. Karenanya ini masih belum berkekuatan hukum tetap dan proses ini belum selesai secara hukum,” kata Lukman Hakim di Gedung DPR RI, hari ini.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis hukuman penjara selama dua tahun kepada Basuki Tjahaja Purnama dalam perkara penistaan agama akibat ucapannya mengutip surat Al Maidah 51 di hadapan warga Kepulauan Seribu, akhir September tahun lalu.

Usai pembacaan vonis, Ahok pun langsung ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Sejumlah pendukung Ahok kecewa dengan vonis yang dijatuhkan hakim serta penahanan terhadap calon gubernur DKI yang gagal di putaran kedua Pilkada 19 April lalu itu.

Menag berharap semua pihak untuk tetap menunggu putusan hukum berkekuatan hukum tetap seusai Ahok dan tim pengacaranya menyelesaikan langkah hukum selanjutnya.

“Saya berharap semua pihak tetap menunggu hasil akhir dari putusan hukum dan tentu tidak terlalu berlebihan dalam melampiaskan atau meluapkan apakah itu kegembiraan kesedihan atau hal yang lalu bisa menimbulkan kondisi konflik di tengah masyarakat yang berbeda pandangannya,” pinta Lukman.

Dia juga meminta semua pihak menghormati dan mentaati apapun keputusan hukum nantinya. [RJ / rnc]