Home Berita Kasus Pembacokan Hermansyah, KSHUMI: Usut Tuntas Teroris Sesungguhnya

Kasus Pembacokan Hermansyah, KSHUMI: Usut Tuntas Teroris Sesungguhnya

0
SHARE

Rakyat Jakarta – Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia (Kshumi) angkat bicara terkait tindakan kekejian, teror, kriminal dan percobaan pembunuhan terhadap Hermansyah. Kshumi mendesak kepolisian untuk segera mengusut tuntas kasus yang menyita perhatian publik ini.

“Meminta dan mendorong kepada aparat penegak hukum untuk segera mengusut, mengungkap dan menangkap pelaku kriminal, pelaku teroris sesungguhnya seperti ini,” kata ketua Eksekutif Nasional Kshumi, Chandra Purna Irawan kepada jurniscom, Selasa (11/7/2017).

Ia mengatakan, pihak penegak hukum sebaiknya tidak terlebih dahulu menyimpulkan tanpa mendalami kejadian.

“Sebaiknya didalami dahulu peristiwa hukumnya, melalui CCTV, Plat Mobil, dan telusuri riwayat kepemilikan mobil tersebut. Dan ini bisa dilakukan dengan kewenangan luas yang (kepolisian, -red) dimiliki,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengomentari opini negatif yang beredar di masyarakat terhadap kinerja kepolisian dalam mengungkap kasus. Belum rampungnya kasus penyiraman air keras Novel Baswedan, dinilai menjadi pembanding kasus pembacokan saksi Ahli Informatika kasus dugaan chat mesum Habib Rizieq Shihab (HRS) dengan Firza Husein tersebut.

“Sebetulnya tidak hanya disandingkan dengan kasus NB, tetapi dengan yang lain misalnya si Iwan. Masyarakat menilai semua kasus diatas tidak jelas ujungnya, sehingga kepercayaan masyarakat pudar,” pungkasnya.

Lebih dari itu, pihaknya akan berupaya memberikan bantuan hukum baik secara litigasi dan nonlitigasi. Ia juga menyeru kepada seluruh Sarjana Hukum Muslim untuk meningkatkan soliditas dan solidaritas untuk kemaslahatan umat. [jm]