Home Berita Kasus Pelindo II Jalan Lagi, KPK Panggil Deputi Akuntan Negara BPKP

Kasus Pelindo II Jalan Lagi, KPK Panggil Deputi Akuntan Negara BPKP

0
SHARE

Deputi Akuntan Negara pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Gatot Damasto dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Gatot yang juga menjabat Direktur Investigasi BUMN dan BUMD bakal diperiksa penyidik KPK sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan tiga unit Quay Container Crane (QCC) di PT Pelindo II.

Jurubicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, pemeriksaan terhadap Gatot dilakukan penyidik untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Dirut Pelindo II Richard Joost Lino yang telah berstatus tersangka sejak akhir 2015 lalu.

“Gatot diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RJL (RJ Lino),” kata Febri saat di kantornya, jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (22/2)

Tidak hanya Gatot, dalam mengusut kasus ini, penyidik KPK juga bakal menjadwalkan memeriksa pegawai BPKP, Suradji.

Seperti halnya Gatot, Suradji yang juga Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi tahun 2011 ini diperiksa penyidik untuk melengkapi berkas RJ Lino.

“Yang bersangkutan juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RJL,” ujar Febri.

Pemeriksaan terhadap dua orang BPKP ini menandai dimulainya kembali pemeriksaan terhadap saksi-saksi kasus korupsi di Pelindo II tersebut.

Diketahui, KPK terakhir kali memeriksa saksi kasus ini pada 22 Agustus 2016 lalu. Saat itu, KPK memeriksa Senior Manager Peralatan PT Pelindo II yang juga Pejabat Dirut PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia, Haryadi Budi Kuncoro.

Pemanggilan saksi dalam kasus ini berhenti dipemeriksaan adik mantan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto itu