Home Berita JPU Bakal Hadirkan Rizieq Shihab Di Sidang Ahok

JPU Bakal Hadirkan Rizieq Shihab Di Sidang Ahok

0
SHARE

Pengadilan Negeri Jakarta Utara kembali menggelar sidang lanjutan perkara penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Selasa 28 Februari. Dalam sidang ke-12 kali ini, jaksa penuntut umum (JPU) akan menghadirkan dua saksi untuk memberikan keterangan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan JPU. Rencananya ada dua saksi ahli yang akan didengar keterangannya pada persidangan Selasa nanti,” ujar Edi Danggur, salah satu kuasa hukum Ahok saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (25/2).

Dia menjelaskan, dua saksi yang dihadirkan adalah ahli hukum pidana Abdul Chair Ramadhan yang merupakan Komisi Hukum dan Perundang-undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sedangkan satu lagi adalah Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai saksi ahli agama.

Kedua saksi ahli direkomendasikan berdasarkan Surat Keterangan MUI Pusat No.Ket-1061/DP/-MUI/XI/2016 tanggal 3 November 2016. Surat rekomendasi ditandatangani Ketua MUI KH. Sodikun dan Sekjen Anwar Abbas.

“Dua saksi ahli direkomendasikan berdasarkan surat tugas MUI tanggal 3 November,” kata Edi.

Seperti diketahui, Ketua Majelis Hakim PN Jakut Dwiarso Budi Santiarto menyepakati bahwa JPU hanya memiliki jatah untuk menghadirkan lima saksi ahli lagi. Pasalnya, jika majelis hakim tidak membatasi pemeriksaan saksi yang dihadirkan JPU, persidangan penodaan agama akan memakan waktu lama.