Home Berita Jokowi Cium Tangan Mega Saat Salaman, Kenapa Salaman ke Seorang Kakek Malah...

Jokowi Cium Tangan Mega Saat Salaman, Kenapa Salaman ke Seorang Kakek Malah Tangan Jokowi yang Dicium? #Gagalpaham

0
SHARE

Sewaktu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pernah kedapatan mencium tangan Megawati Soekarnoputri di sela-sela HUT ke-41 PDI Perjuangan, Jumat (10/1/2014) kemarin.

Publik dinikin penasaran dengan aksi Jokowi cium tangan Megawati. Akahirnya penasaran itu terjawab.

Berlokasi di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (11/1/2014), Jokowi menyebutkan tidak ada muatan politis dari cium tangan tersebut. Jokowi mengatakan, sikap itu merupakan perlakuan wajar kaum muda kepada yang lebih tua.

“Itu kan budaya Indonesia, budaya Jawa. Kepada yang lebih tua, lebih senior, ya cium tangan,” ujar Jokowi.

“Ke Ibu Mega sebagai yang senior, sama saja kayak ke ibu saya, ke orangtua, ke gubernur yang lama, sama semua,” ujarnya, demikian dilansir laman Kompas.

Waktu berlalu, kini Jokowi sudah menjadi presiden. Namun prinsipnya hormat kepada yang lebih tua tidak konsisten dijalankan. Hal ini terbukti saat Jokowi berlebaran di kampung halamannya, Solo (26/6/17).

Ketika itu, Jokowi terlihat membagikan paket sembako kepada ribuan warga di halaman gedung pertemuan Graha Saba Solo. Dia juga menyempatkan diri bersalaman dan berbincang dengan warga yang tengah mengantre sembako.

Ada penampakan tak biasa pada saat Jokowi bagikan sembako ke warga. Dimana seorang kakek yang umurnya lebih tua mencium tangan Jokowi.

Singkatnya, antara Megawati dengan sang kakek, mana yang lebih tua? [pn]