Home Berita Jika Anies-Sandi Tidak Blunder, Jakarta Punya Gubernur Baru

Jika Anies-Sandi Tidak Blunder, Jakarta Punya Gubernur Baru

0
SHARE

Rakyat Jakarta –¬†Putaran dua Pilgub DKI tinggal enam hari lagi. Jika tidak ada blunder fatal dari kubu Anies-Sandi dan pilkada berlangsung bersih dan jujur, maka besar kemungkinan Jakarta akan punya gubernur baru.

Begitu kata peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ardian Sopa saat merilis hasil survei terbaru di Kantor LSI, Jalan Pemuda 70, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (13/4).

Pernyataan Ardian ini berdasarkan hasil survei LSI yang baru saja selesai, April 2017. Dalam survei tersebut Anies-Sandi unggul dengan elektabilitas 51,4 persen. Sementara Ahok-Djarot 42,7 persen dan yang belum menentukan 5,9 persen.

“Per hari ini, semua survei yang dipublikasikan resmi, semuanya menunjukkan Anies-Sandi unggul. Setidaknya, sudah ada lima lembaga survei yang secara resmi sudah mempublikasikan risetnya,” jelas Ardian,

Terlebih, sejumlah lembaga survei seperti SMRC, Media, Pollmark, dan SDI juga sudah mengumumkan temuan mutakhirnya. Dalam semua publikasi survei itu, Anies-Sandi selalu di atas Ahok-Djarot dengan selisih terendah di survei SMRC, sekitar 1 persen dan tertinggi di LSI Denny JA, sekitar 8 persen.

“Per hari ini tak ada satupun lembaga survei yang mengumumkan Ahok-Djarot unggul di atas Anies-Sandi,” tegasnya.

Survei LSI dilakukan pada tanggal 7 hingga 10 April 2017 di Jakarta dengan cara tatap muka terhadap 440 responden. Responden dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini plus minus 4,8 persen.

Survei ini dibiayai dengan dana sendiri dan dilengkapi pula dengan riset kualitatif, yaitu focus group discussion, media analisis, dan indepth interview. [ian]