Home Berita Ingin Awasi Rohis, Menag Dinilai Tidak Mendidik

Ingin Awasi Rohis, Menag Dinilai Tidak Mendidik

0
SHARE

Rakyat Jakarta РDin Syamsuddin, mantan ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah menilai, pernyataan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin agar rohaniawan Islam (rohis) di sekolah diawasi tidak mendidik.

“Seharusnya Menteri Agama berterima kasih kepada para rohis di sekolah-sekolah yang selama ini berjasa dalam membina kerohanian siswa,” ujarnya mengutip ANTARA, Minggu (9/7).

Menurut Din, seharusnya, peran rohis di sekolah tidak dikesampingkan. Toh, lanjut dia, rohis di sekolah-sekolah tingkat menengah cukup berjasa dalam membina pemahaman keagamaan siswa sekaligus membentuk akhlak generasi muda.

“Justru dalam keadaan kekurangan guru agama seperti yang dilansir selama ini, para rohis telah berperan mengisi kekosongan itu,” katanya.

Apabila terdapat rohis yang tidak atau belum benar, Din meminta, agar Kemenag turut membinanya. Bukan melakukan generalisasi. Generalisasi merupakan sesuatu yang berbahaya.

Din juga mengharapkan Kementerian Agama membantu pembinaan kerohanian di sekolah-sekolah umum maupun sekolah agama swasta.

Dengan demikian, ia menyebutkan, tidak perlu ada tindakan represif terhadap rohis yang berujung pada hal-hal yang tidak edukatif.

“Sudah tidak zamannya lagi pemerintah bersikap represif. Jangan karena selama ini tidak berbuat apa-apa, justru tiba-tiba mau mengawasi,” imbuh dia [cnni]