Home Berita Gapensi: Pembangunan Jalan Papua Libatkan Banyak Kontraktor Lokal

Gapensi: Pembangunan Jalan Papua Libatkan Banyak Kontraktor Lokal

0
SHARE

”Kontraktor lokal sudah banyak yang terlibat dalam pembangunan jalan di Papua.

Begitu tegas Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Paniai, Provinsi Papua, Melianus Gobay seperti diinformasikan oleh Pusat Komunikasi dan Humas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rabu (22/2).

“Kami harapkan kontraktor lokal terus dibina oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar semakin banyak lagi pengusaha lokal terlibat,” ujarnya.

Saat ini dirinya mengatakan bahwa terdapat 4 perusahaan kontraktor lokal yang telah terlibat untuk pembangunan jembatan di wilayah satuan kerja Pelaksana Jalan Nasional VIII (Paniai) Provinsi Papua yang wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Dogiyai, Deiyai, Paniai Timika, dan Intan Jaya.

“Di Papua ini banyak kontraktor lokal yang terlibat dalam proyek Kementerian PUPR, kalau disini ada 4 kontraktor lokal yang diberdayakan sebagai kontraktor utama sedangkan sebagai sub kontraktor lebih banyak lagi,” tambahnya.

Untuk menjadi kontraktor utama dalam pekerjaan-pekerjaan Kementerian PUPR memang disyaratkan pengalaman, namun bagi kontraktor yang belum punya pengalaman, dirinya mengatakan pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XVIII mempunyai kebijakan dengan melalui 3 tahapan.

“Pertama kita menjadi sub kontraktor terlebih dahulu, lalu apabila dianggap sudah mampu joint operation dengan kontraktor lain, selanjutnya kalau sudah baik naik lagi menjadi kontraktor utama,” kata dia lagi.

Namun ia mengakui bahwa kontraktor lokal masih membutuhkan pembinaan dalam hal sumber daya manusia (SDM) dan peralatan. Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Kementerian PUPR telah melakukan pelatihan SDM, yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, misalnya dengan pelatihan mandor dan operator alat.