Home Berita Fahri: Bamus Bahas Hak Angket Ahok Setelah Reses

Fahri: Bamus Bahas Hak Angket Ahok Setelah Reses

0
SHARE

. Usulan Hak Angket DPR terkait Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah dibacakan dalam Paripurna kemarin (Kamis, 23/2).

Selanjutnya, usulan akan dibahas dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR. Namun karena sudah memasuki masa reses, pembahannya ditunda. Tanggal 15 Maret nanti masa reses baru berakhir.

Karenanya, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan bahwa Bamus akan membahas soal ‘Angket Ahok Gate’ usai memasuki masa sidang berikutnya.

“Artinya itu paling cepat 15 Maret, 16 lah karena 15 baru pembukaan (paripurna),” ujar Fahri di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (24/2).

Rapat Bamus nanti menurutnya akan menjadwalkan waktu Paripurna untuk pengambilan keputusan, apakah angket untuk mengusut kembali diaktifkannya terdakwa kasus penistaan agama itu oleh presiden, disetujui atau tidak.

“Jadi di situ baru dijadwalkan. Kalau fraksi sepakat penjadwalan atau Bamus sepakat, pada Paripurna berikutnya pasal pengusul akan naik podium membacakan usulan kenapa angket ini diperlukan. Setelah itu ditanya kepada anggota, apa permintaan usulan dari pengusul bahwa kita DPR, akan membuat penyelidikan angket terhadap pengaktifan kembali Gubernur DKI. Kalau bilang setuju berarti ketok, dibentuk lah Pansus Angket yang setelah itu kemudian diparipurna berikutnya anggota Pansus akan diumumkan,” urai Fahri.

Dipertegas apakah Bamus bisa membahas penjadwalan Paripurna saat masa reses, Fahri bilang itu bisa saja terjadi.

“Bisa aja. Itu atas permintaan fraksi-fraksi dan kita mengundang yang disebut sebagai rapat konsultasi pengganti Bamus, bisa dilakukan,” tegasnya.