Home Berita Fadli Zon minta pemerintah lebih arif sikapi tuntutan petani Kendeng

Fadli Zon minta pemerintah lebih arif sikapi tuntutan petani Kendeng

0
SHARE

Wakil Ketua DPR Fadli Zon minta pemerintah memperhatikan tuntutan warga Kendeng, Jawa Tengah yang menggelar aksi cor kaki menolak pabrik. Pemerintah harus menyikapi masalah penolakan warga Kendeng itu dengan lebih bijak dan arif.

“Harus ada penghargaan terhadap keputusan itu dengan perhatikan apa yang jadi tuntutan masyarakat. Pemerintah harus dudukkan persoalan secara lebih arif, lebih bijak khususnya kepada mereka yang terkena dampaknya, petani itu,” kata Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (23/3).

Menurut Fadli, pemerintah seharusnya mengajak dialog warga yang terkena dampak pembangunan pabrik semen di kawasan tempat tinggalnya itu. Langkah tersebut dilakukan agar terjadi negosiasi antara warga, pemerintah dan perusahaan untuk mencapai kesepakatan bersama.

“Kalau pun tidak dicabut dinegosiasikan sampai apa yang menjadi hak maayarakat terpenuhi ini apa sih tuntutannya dan sejauh mana dengan keadaan ini bisa diatasi. Diajak bicara diajak dialog hingga mencapai satu titik disepakati bersama,” imbuhnya.

Aksi warga Kendeng itu, kata Fadli, adalah bentuk keprihatinan dan keputusasaan karena ketidakhadiran negara menengahi masalah pembangunan pabrik Semen di wilayah mereka.

“Kalau aksi itukan bentuk keprihatinan kefrustasian. Harusnya kita lihat ini bentuk perlawanan dalam keadaan frustasi karena ketidakhadiran negara dan ketidakhadiran hukum di situ,” tegas Fadli.

Seorang peserta aksi, Patmi (48) asal Pati, meninggal karena terkena serangan jantung saat aksi berlangsung. Fadli mengaku prihatin atas meninggalnya Patmi. Dia berharap aksi yang tergolong ekstrim itu tidak lagi dilakukan.

“Memang aksinya ekstrim. Mudah-mudahan tidak perlu lah lagi ada kasi ekstrim seperti itu,” pungkasnya.

[msh]