Home Berita Dompet Dhuafa Bersinergi Dengan Korps Marinir Bantu Korban Banjir

Dompet Dhuafa Bersinergi Dengan Korps Marinir Bantu Korban Banjir

0
SHARE

M. Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa dan Korps Marinir bersinergi dalam membantu para warga terdampak banjir yang melanda beberapa lokasi di Jakarta sejak Selasa pagi (21/2).

manager Respon Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, Fadillah Rahman menjelaskan pihak Marinir siap menurunkan 1.000 personil untuk mensupport Dompet Dhuafa.

“Korps Marinir tidak hanya membantu evakuasi warga, tetapi juga siap membantu dalam pendirian posko dan aktivitas di posko pengungsian,” jelas Fadilah.

Dia menambahkan, untuk saat ini, Dompet Dhuafa terus melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir di beberapa wilayah seperti di Cipinang Melayu, Jakarta Timur dan Muara Gembong.

“Posko sudah didirikan dan akan disipakan aksi layanan kesehatan,” tandasnya.

Pasca diguyur hujan deras pada Selasa malam, banjir di kawasan Jakarta dan sekitarnya semakin meluas. Berdasarkan laporan yang masuk ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui aplikasi Peta Bencana, saat ini sudah terdapat setidaknya 54 titik banjir dan genangan.

Berdasarkan analisa BNPB, banjir yang melanda Jabodetabek disebabkan karena drainase perkotaan yang tidak mampu untuk menampung aliran permukaan. Selain itu, disebabkan pula oleh luapan sungai yang naik dan sudah berstatus siaga 1 dan 2