Home Berita Dikomentari Soal Aksi Dukung Ahok di Bandung, Ridwan Kamil Ngamuk

Dikomentari Soal Aksi Dukung Ahok di Bandung, Ridwan Kamil Ngamuk

0
SHARE

Rakyat Jakarta – Walikota Bandung Ridwan Kamil menuliskan komentar bernada pedas, usai salah satu netizen menyindir aksi lilin untuk Ahok di Lapangan Gasibu, Sabtu (13/5) malam.

Komentar tersebut terbit tak lama setelah walikota yang akrab dipanggil RK itu memposting status agar warga Bandung tidak ikut terpancing emosi menyikapi aksi itu.

Sebagai informasi, aksi lilin untuk Ahok digelar di Lapangan Gasibu bersamaan dengan agenda nonton bareng (nobar) bobotoh (red, suporter Persib) di Gedung Sate, yang berada di seberang Gasibu. Layakanya nobar pada umumnya, para bobotoh pun memasang pengeras suara.

Merespon hal ini, Ridwan Kamil pun ambil bagian. Lewat akun instagram @ridwankamil, Walikota Bandung itu meminta agar warganya tetap tenang, dan tidak larut dalam caci maki. RK juga mengingatkan bahwa Persib punya sejarah yang panjang, seolah memperingatkan peserta aksi lilin yang sempat melemparkan sindiran kepada bobotoh.

“For Bandung people #Persib is more than a club. Semoga yang belum paham Persib 101, bisa memahami. Jika ada masalah mari bertanya dengan baik, mari berdialo dengan baik, tidak perlu berbalas pantun mencaci maki. Tahan emosi jikwa sebelum mengalir ke jempol. Pedomani hadits Rasul, ‘Berbicaralah yang baik atau diam’. Di suasan seperti ini mari doakan damai selalu untuk kota Bandung dan Indonesia tercinta. Hatur nuhun. Forza seblak. Visca cilok. Hala bala-bala. Mamah nyangu?” tulis RK, Minggu (14/5) malam.

Postingan RK pun direspon banyak netizen. Salah satunya akun @novanputra_ yang menyampaikan laporan bernada sindiran.

“Sayah kaleresan lewat Gedung Sate, aya nu labuh bapak-bapak. Nya atuh da urut lilin tea leu`eur (artinya: Saya kebetulan lewat Gedung Sate, ada yang jatuh bapak-bapak. Ya dong sih bekas lilin sih banyak),” cuit Novan.

Tak seperti biasanya, Ridwan Kamil pun membalas komentar Novan. RK menuding Novan sengaja memancingnya agar berbicara kasar soal aksi lilin tersebut.

“@novanputra_ kenapa, kamu pengen saya ngomong kasar? Biar kamu terpuaskan? Seperti rocker, walikota juga manusia. Kadang keliru, tapi terus selalu introspeksi untuk memperbaiki diri. Nuhun,” jawabnya.

Hingga saat ini, postingan tersebut disukai 119.058 netizen, dan mendapat 4815 komentar. [RJ/jc]

Kemudian, suara bising speaker dianggap mengganggu oleh pendukung Ahok yang sedang asyik menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Saling lempar hujatan pun terjadi di media sosial. Netizen pendukung ahok menyayangkan kerasnya volume suara speaker bobotoh. Sebaliknya, bobotoh pun menyerang balik pendukung ahok yang tidak paham bahwa nobar merupakan agenda rutin suporter Persib tersebut.