Home Berita Deklarator adukan Demokrat ke Kemenkum HAM, KPU dan Kemendagri

Deklarator adukan Demokrat ke Kemenkum HAM, KPU dan Kemendagri

0
SHARE

Rakyat Jakarta –¬†Sejumlah kader Partai Demokrat mendatangi Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), Jakarta Selatan pada Rabu (26/4). Tujuan mereka untuk menggugat Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan.

Deklarator Partai Demokrat, Sahat Saragih mengatakan, gugatan tersebut dilakukan tidak ada niatan bagi para penggugat untuk merusak partai. Hal itu dilakukan agar partai berjalan sesuai garis organisasi dengan baik.

“Hari ini ada tiga kader partai yang menggugat, karena keputusan tersebut sudah tentu menyalahi aturan dan bisa dikatakan ilegal. Berdasarkan hasil kongres tidak seperti itu, namun yang didaftarkan ke Kemenkum HAM malah berubah tidak sesuai kesepakatan kongres,” kata Sahat kepada wartawan di sekitar Gedung Kemenkum HAM.

SBY diduga melanggar UU Partai Politik Nomor 2 Tahun 2011 Pasal 5 atas kebohongan keputusan kongres di Surabaya yang mengubah hasil keputusan kongres yang berbeda dengan apa yang didaftarkan SBY sebagai Ketua Partai Demokrat ke Kemenkum HAM.

Sahat mengaku telah melaporkan gugatan ini ke tiga instansi pemerintahan. Yang pertama, Kementerin Hukum dan Ham (Kemenkum HAM), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sahat juga menambahkan bahwa dirinya dan ketiga penggugat lainnya ingin partai berjalan sesuai porosnya. “Kasihan nanti jika kader menjalani partai bila tidak sesuai ketentuan hukum, kan bisa jadi kerja dua kali nanti,” tutup dia