Home Berita Cerita tentang Masjid Baiturrahman yang Akhirnya Dijual Rp 1,5 M

Cerita tentang Masjid Baiturrahman yang Akhirnya Dijual Rp 1,5 M

0
SHARE

Rakyat Jakarta – Masjid Jami Baiturrahman di RW 02, Cawang, Jakarta Timur, telah terjual senilai Rp 1,5 miliar. Seperti apa cerita awal tentang masjid tersebut?

Masjid yang terletak di tengah-tengah permukiman penduduk di RT 11 RW 02 itu rencananya akan dibongkar setelah Lebaran. Masjid yang hanya memiliki satu lantai itu berdiri sejak 1970. Tak hanya warga RT 11, masyarakat di RT 10 RW 02 juga sering menggunakan Masjid Baiturrahman untuk menunaikan salat.

Masjid Baiturrahman awalnya berupa sebuah musala kecil yang dibangun di atas tanah wakaf milik tokoh masyarakat bernama Haji Hasan (almarhum).

“Awalnya ini dulu musala kecil dari tahun 1970, lalu karena jemaahnya banyak, mulailah dibangun menjadi masjid pada tahun 2001,” kata Ketua RT 10 RW 02 Cawang, Haris (50), di Masjid Baiturrahman, Jakarta Timur, Jumat (26/5/2017).

Namun tiba-tiba masjid yang berwarna hijau itu diketahui telah terjual. Bahkan sebelumnya masyarakat yang selama ini beribadah di masjid tersebut tak mengetahui tempat ibadah itu sudah terjual dengan nilai Rp 1,5 miliar.

“Nggak ada omongan kalau dijual masjid ini, tiba-tiba sudah ramai. Belum ada musyawarah dengan pengurus masjid sama warga juga,” ucapnya.

Haris bercerita, pada Minggu (21/5), sudah ada pertemuan antara warga dan ahli waris tanah yang dibangun masjid. Namun pertemuan itu belum menemukan titik temu. Sebab, warga menginginkan masjid tersebut tidak dibongkar.

“Semua warga belum setuju kalau ini mau dibongkar. Tokoh agama juga nggak setuju. Warga itu ingin masjid ini jangan dibongkar. Warga itu nggak minta apa-apa, hanya minta jangan dibongkar,” kata Haris.

Haris mengaku, walaupun sudah terjual, tak ada larangan untuk beribadah di masjid tersebut. Karena itu, warga bertekad akan meramaikan masjid tersebut selama bangunan masih kokoh berdiri.

“Nggak ada larang untuk ibadah di sini. Malah kita mau ramaikan lagi. Tapi saya dapat informasi entah benar atau tidak katanya mau dibongkar habis Lebaran,” tutur Haris.

Ahli waris tanah tempat berdiri Masjid Baiturrahman yang juga Ketua RT 11 RW 02 Cawang hingga kini belum bisa ditemui. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari warga, ahli waris tanah tersebut sudah pindah dari Cawang.
(ibh/erd)