Home Berita Boleh Atau Tidak Salat Pakai Sepatu? Ini Penjelasannya

Boleh Atau Tidak Salat Pakai Sepatu? Ini Penjelasannya

0
SHARE

Foto yang menunjukkan rombongan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis al-Saud masih bersepatu saat salat sempat membuat gaduh pengguna media sosial.

Pro dan kontra mengenai boleh tidaknya memakai alas kaki pun mendominasi topik pembicaraan tersebut.

Bagaimana penjelasan mengenai hal itu?

Alumni IIUM Lahore jurusan pemikiran Islam, Munif Attamimi mengatakan bahwa penggunaan alas kaki dalam salat diperbolehkan, dengan catatan.

“Dalam sebuah hadist dijelaskan shalat memakai sepatu diperbolehkan, apalagi dalam keadaan safar atau sedang dalam perjalanan,” ucapnya.

Menurut Munif, hal itu juga pernah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Ia kemudian memaparkan sebuah hadist, seperti berikut:

Sahabat Almughiroh bin Syu’bah pernah dalam sebuah perjalanan bersama Nabi Muhammad SAW. Beliau berkata, ketika Nabi berwudhu, saya menunduk untuk melepaskan sepatu beliau.

Namun beliau melarangnya dan mengatakan; Biarkan dia, karena saya memakainya dalam kondisi suci kemudian Nabi mengusap sepatunya lalu menunaikan Sholat. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dikatakannya, matan (materi) hadis itu jelas mengatakan bahwa diperbolehkan memakai alas kaki seperti kaos kaki, sandal atau sepatu.

Di beberapa negara arab kita sering menjumpainya apalagi ketika musim dingin tiba” jelasnya.

Dalam kondisi kedinginan, lanjut dia, dalam sebuah perjalanan sering dijumpai mereka berwudu’ dengan hanya mengusap pucuk alas kakinya lalu solat.

“Sering juga mereka solat dengan memakai kaos kaki,” imbuhnya.

Untuk diketahui, foto rombongan raja Salman sedang salat di masjid Istiqlal menghebohkan pengguna media sosial.

Diberitakan sebelumnya, baru-baru ini netizen dikejutkan dengan beredarnya rombongan Raja Salman saat beribadah di Masjid Istiqlal.

Dalam foto tersebut terlihat sejumlah rombongan yang tampak sedang melakukan ibadah namun masih dengan sepatu yang mereka pakai.

Sontak saja foto tersebut memancing reaksi netizen.

Melihat foto tersebut, sejumlah netizen menyayangkan sikap masyarakat Indonesia yang dinilai ribet dalam menjalankan ibadah.

Ada pula yang berpendapat dalam ibadah itu yang perlu diperhatikan adalah niat tulus, sedangkan memakai sepatu boleh asal dijamin kebersihannya.