Home Berita Baru Kali Ini, Yang Kalah Dikirimi Karangan Bunga

Baru Kali Ini, Yang Kalah Dikirimi Karangan Bunga

0
SHARE

Rakyat Jakarta –¬†Tidak ada pelantikan, tidak ada acara nikahan, tiba-tiba Balai Kota DKI Jakarta, kemarin, penuh karangan bunga. Ratusan karangan bunga berjejer di halaman Pendopo Kantor Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tersebut. Rupanya, karangan bunga itu dari para pendukung Ahok dalam menyikapi kekalahan telak jagoannya dalam Pilgub DKI putaran kedua, pekan lalu. Banjir karangan bunga ini pun menjadi perbincangan hangat di dunia maya.

Isi karangan bunga itu macam-macam. Ada yang membuat ucapan serius, ada juga yang penuh canda. Dari mulai ungkapan cinta, duka cita, dukungan, hingga ungkapan yang ditulis dengan kalimat-kalimat alay ala anak-anak ABG yang mengundang senyum.

Salah satunya karangan bunga ada yang bertuliskan: “Terima kasih Pak Ahok atas kerja kerasnya selama ini. Andalah pemimpin sejati. We love you and we will miss you. Dari kami yang belum bisa move on“. Karangan bunga lain bertuliskan: “Terima kasih Pak Ahok Djarot atas peluh keringat yang tercurah buat warga Jakarta. Dari kami yang patah hati ditinggal saat lagi sayang-sayangnya.”

Yang lain berisi dukungan dan semangat kepada Ahok-Djarot. “Thanks Pak Ahok dan Pak Djarot, we love you, jangan kasih kendor, semangat.” Ada juga yang berisi testimoni yang menilai bahwa Ahok adalah gubernur terbaik DKI dan pahlawan bagi Jakarta.

Karangan bunga ini sebenarnya sudah berdatangan di Balai Kota DKI sejak pekan lalu. Namun, saat itu jumlahnya masih sedikit. Baru kemarin jumlahnya membludak sampai mencapai ratusan. Seorang petugas keamanan di Balai Kota menyatakan, karangan bunga bertambah banyak sejak pagi dini hari kemarin.

Dunia maya ikut riuh dengan banyaknya karangan bunga ini. Banyak warganet alias netizen yang mengunggah gambar-gambar karangan bunga tersebut di akun masing-masing. Ada yang membubuhi komentar baik, ada juga yang tulisannya penuh curiga.

Akun @masinusina terlihat bangga dengan banyaknya karangan bunga itu. “Baru kali ini ada pejabat publik yang kalah Pilkada, tapi dapat karangan bunga apresiasi segini banyaknya,” kicaunya.

Pemilik @rianernesto tak kalah girang. Baginya, karangan bunga itu merupakan apresiasi murni dari warga yang mengalahkan politisasi agama. “Karangan bunga terus mengalir memberi semangat kepada Basuki-Djarot. Spirit positif warga mengalahkan politisasi agama.”

Akun @Richardotio ikut memuji Ahok. “Belum ada pejabat sekeren Ahok-Djarot di Republik Indonesia. Ucapan karangan bunga terima kasih hingga malam ini sudah mencapai 300 lebih,” sanjungnya.

Ada juga yang menganggap Ahok layak mendapatkan masuk rekor yang menerika ucapan terima kasih terbanyak dari masyarakat pascakalah di Pilkada. “Saya rasa Pak Ahok satu-satunya gubernur di Indonesia sepanjang sejarah yang diberikan karangan bunga seperti ini oleh rakyatnya,” cuit @wssicaa.

Akun @Yuliaa007 menyebut, kondisi ini sebagai hal langka. Biasanya, karangan bunga ucapan selamat diberikan kepada yang terpilih. Tapi, ini malah diberikan kepada calon yang kalah sebagai bentuk dukungan.

Warganet lain berpikiran tidak-tidak. Akun @Mentimoen misalnya, menganggap, banyaknya karangan bunga untuk Ahok merupakan tanda tidak baik buat Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. “Ini tanda-tanda enggak baik nich buat memulai era baru di DKI,” cuitnya.

Pendukung Anies-Sandi tidak tinggal diam. Akun @ateng_forever meyakini bahwa karangan bunga untuk jagoannya bakal lebih banyak saat pelantikan di Oktober nanti. “… ntar juga pas udah resmi banyak karangan bunga buat Anies-Sandi. Kayak enggak tahu aja pendukung mereka gimana,” kicaunya.

Bagaimana Ahok menanggapingya? Lewat akun twitternya, Ahok menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang mengirimkan karangan bunga untuknya. “Terima kasih untuk semua ucapan penyemangat. Marilah kita sama-sama terus menatap masa depan untuk Jakarta dan Indonesia yang lebih baik,” kicaunya di akun @basuki_btp pada pukul 7.30 malam tadi.

Kicauan ini langsung disebarkan para follower Ahok. Hanya satu jam kemudian, kicauan Ahok ini sudah dicuitkan kembali sebanyak 2.300 kali. Banyak juga follower Ahok yang berkomentar di cuitan tersebut. Isinya sama dengan karangan-karangan bunga yang berjejer di Balai Kota, yaitu mendukung dan memberikan doa untuk Ahok-Djarot. ***