Home Berita Anies: Tidak Ada Penyimpangan Anggaran di Kemdikbud

Anies: Tidak Ada Penyimpangan Anggaran di Kemdikbud

0
SHARE

Jakarta – Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan tidak ada keanehan dalam anggaran pameran Frankfurt Book Fair 2015. Pameran buku tersebut diselenggarakan saat Anies menjabat sebagai Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dimana hasil audit BPK menunjukkan tidak ada penyimpangan dana.

“Lebih baik yang menjelaskan yang melaporkan. Kalau ada dugaan korupsi, harus dilihat di mana aspek korupsinya. Biar yang melaporkan yang menunjukkan letak korupsinya,” kata Anies di Jakarta, Jumat (10/3) menanggapi pelaporan dirinya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Karena itu, Anies menilai tidak ada yang perlu dia konfirmasi terhadap penggunaan anggaran saat dia menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. Bila yang dipermasalahkan penggunaan anggaran, seharusnya melihat hasil audit BPK.

Anies menilai pelaporan itu dimaksudkan untuk menjatuhkan kredibilitasnya pada pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 karena acara tersebut sudah berlangsung beberapa tahun lalu dan baru dilaporkan sekarang.

“Lucu saja saat pemilihan gubernur DKI Jakarta yang dilaporkan saya dan Bang Sandi. Saya lihat karena sedang pemilihan gubernur makanya jadi ramai, jadi harap sabar ini ujian,” tuturnya.

Anies dilaporkan atas dugaan penyimpangan penggunaan dana pada pameran Frankfurt Book Fair 2015 ke KPK. Sedangkan pasangannya, Sandiaga Uno, dipanggil polisi sebagai saksi atas dugaan pencemaran nama baik yang disebutkan terjadi pada 2013.

Putaran kedua Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 diikuti dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yaitu Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

 

/YUD

ANTARA