Home Berita Anies Bongkar Fenomena Lucu Pilkada DKI yang Menangkan Ahok

Anies Bongkar Fenomena Lucu Pilkada DKI yang Menangkan Ahok

0
SHARE

Kemenangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat pada pilkada DKI Jakarta putaran pertama lalu menyisakan kejanggalan. Sebabnya ada 480 lebih TPS yang mencatatkan hasil suara 90% lebih untuk pasangan tersebut. Hal ini mendapat perhatian serius dari calon gubernur lainnya Anies Baswedan dan memberi istilah “lucu”.

“Kenapa saya sampaikan ini? Ada 480 lebih TPS yang angka kemenangannya di atas 90 persen. Mungkin nggak (bila) di tempat itu 90 persen menang? Bapak-ibu, ini lucu. Tapi saya juga tidak tahu apa yang terjadi. Makanya saya bilang lucu,” ujar Anies di Jalan Mardani Raya nomor 36, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (18/3/2017) seperti diwartakan.

“Di mana-mana kalau pilkada itu, nomer 1 kalau menang nih, dapat 55 persen. Sisanya bagi dua. Menang 60 persen, yang 40 dibagi dua. Itu umumnya begitu. Tapi nomor 2 ada 480 TPS lebih yang angkanya di atas 90 persen. Karena itu kita jaga sama-sama,” lanjutnya.

Anies mengaku bingung dan tidak mengetahui bagaimana ini bisa terjadi. Karena itu, ia menyebutnya sebagai hal yang lucu. Maka Anies mengajak warga untuk menjaga TPS. Dia menyampaikan ajakan ini di tiga lokasi berbeda.

“Besok, harus pastikan bukan hanya coblos, bukan hanya memenangkan, tapi mengamankan TPS-TPS yang ada. Sebulan ini kita ajak semuanya bukan hanya untuk pilih nomor 3. Tapi juga untuk menjaga warga kita dari praktik-praktik yang lucu,” kata Anies.