Home Berita Alasan TNI Bangun Komando Armada III di Timur Indonesia

Alasan TNI Bangun Komando Armada III di Timur Indonesia

0
SHARE

JAKARTA – TNI Angkatan Laut (AL) tengah mempersiapkan lokasi untuk membangun Komando Armada III di wilayah timur Indonesia. Ada dua lokasi di Papua yang kini tengah digodok internal TNI.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma Gig Sipasulta mengatakan, dua lokasi tersebut yakni, Sorong dan Tanah Merah, wilayah di sekitar perairan Teluk Kaimana, Papua. Namun, kata dia Panglima TNI menginginkan ada satu areal di dekat Teluk Kaimana, yaitu Tanah Merah.

“Perencanaannya, maunya beliau di situ,” ujar Gig Sipasulta melalui keterangan tertulis, Minggu (5/3/2017).

Dia menuturkan, meskipun Panglima TNI menghendaki lokasi di sekitar Teluk Kaimana,  internal TNI AL memberi masukan agar Komando Armada III tetap dibangun di Sorong. Alasannya, dari segi infrastruktur dan fasilitas lain, Sorong lebih unggul daripada Teluk Kaimana.

Apalagi, lanjut dia di Sorong juga sudah terdapat Lantamal. “Karena ini perintah, kita akan kerjakan, kita akan laporkan balik. Kita lihat untung ruginya, kita sampaikan dalam bentuk apresiasi,” ucapnya.

Saat ini TNI AL memiliki dua Komando Armada, yaitu Komando Armada Barat (Koarmabar) yang berada di Jakarta dan Komando Armada Timur (Koarmatim) yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Pembentukan Komando Armada baru akan membantu pemerataan pembangunan dan ekonomi.
Pembentukan Komando Armada baru ini sebetulnya bukan rencana baru. Penambahan Komando Armada TNI AL masuk dalam rencana strategis (renstra) TNI untuk memenuhi minimum essential force (MEF).