Home Berita Afi “JIPLAKER” Ngaku Hanya Satu Kali Lakukan Plagiarisme, Warganet Ungkap Empat...

Afi “JIPLAKER” Ngaku Hanya Satu Kali Lakukan Plagiarisme, Warganet Ungkap Empat Kali

0
SHARE
Rakyat Jakarta – Afi Nihaya Faradisa menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas tindakannya melakukan plagiarisme. Afi mengaku baru sekali dirinya melakukan plagiat yakni dari tulisan akun Mita Handayani.
Benar, saya mencatut beberapa paragraf dari tulisan di akun Mita Handayani dengan menambahkan sendiri beberapa paragraf yang berisi gagasan pribadi, kemudian mempostingnya kembali di akun saya dengan judul “Belas Kasih dalam Agama Kita” pada bulan Mei lalu,” tulis Afi pada akun Facebook miliknya, Senin (11/6/2017).
Afi melanjutkan, “Dari ratusan tulisan dan beberapa di antaranya yang telah saya posting di dunia maya, hanya satu tulisan itulah yang bukan tulisan saya sendiri. Yang lainnya, termasuk tulisan berjudul “Warisan” yang membuat saya viral, adalah tulisan saya sendiri.”
Meski mengaku hanya satu tulisan hasil plagiarisme, namun warganet mengungkap setidaknya ada empat karya Afi yang juga hasil plagiarisme.
Berikut daftarnya:
1. Belas Kasih Dalam Agama Kita
Tulisan ini diunggah Afi pada 25 Mei 2017 disebut hasil ‘mencontek’dari status Facebook Mita Handayani dengan tajuk ‘Agama Kasih’ yang dibuat pada tahun 2016 lalu. Afi secara khusus tidak menyebut tulisan itu hasil mencotek karya Mita, meski demikian dia meminta maaf secara umum.
2. Media Sosial Bagai Warung Makan
Afi mengunggah tulisan ini di Facebook miliknya 8 Juni 2017. Warganet menemukan tulisan ini sama persis dengan unggahan akun Lembaga Perlindungan Konsumen CELEBES pada 31 Desember 2016.
Unggahan di akun Lembaga Perlindungan Konsumen Celebs itu banyak mendapat komentar. Sebagian menilai Afi melakukan plagiarisme, sebagian lagi menilai akun tersebut yang memplagiat tulisan dari blog Afi yang ditulisnya pada 10 September 2016.
3. Agama Facebook
Tulisan tentang ‘Facebook’ ini diunggah Afi pada 28 November 2016.
Tulisan Afi tentang “Facebook’ ini disebut mirip dengan tulisan di blog Ekoholic yang ditulis Selasa, 24 Februari 2015 dengan judul Agama Facebook. 4. Puisi Pernahkah Kau
Dalam status tanggal 17 April 2017 Afi menulis status mengenai mendengarkan curhat orang lain. Di akhir tulisannya dia mengutip selarik bait puisi, yang oleh netizen dinilai menukil dari karya puisi pihak lain. Afi tak menulis sumber aslinya.
Afi menulis: Akan aku kutip lagi salah satu bait puisiku di sini:
 
“Pernahkah kau menghadapi duniaku?
 
Menghabiskan satu menit di posisiku?
 
Jika tidak, katakan padaku mengapa Kau menghakimiku seperti itu”
 
@ afi.nihayafaradisa
Dugaan plagiat di status yang diunggah Afi pada 17 April 2017 tersebut muncul ketika netizen atas nama Syifa Ann menulis Afi Sayang, Kenapa Bongkar-Pasang Puisi Orang?
Dalam tulisannya, Syifa menyebutkan, dia menemukan versi utuh puisi tersebut dalam buku Chicken Soup For Teenage Soul on Tough Stuff. Versi utuh puisi itu dimuat di halaman 9-10 buku Chicken Soup